Sosiologi Universitas Brawijaya

"Education for Enlightening and Be The Best"

Antusiasme Mahasiswa dalam Sosialisasi MK Seminar Proposal Skripsi

10 - 01 - 2015 Sosiologi UB Kegiatan

Sebagai bagian daripersiapan penerapan kurikulum 2015, pada 14 Desember 2017, bertempat di aula Nuswantara, gedung B lantai 7, FISIP UB berlangsung acara sosialisasi MK Seminar Proposal. Mahasiswa Sosiologi, terutama dari angkatan 2015 terlihat antusias datang. Hal ini terlihat dari berjubelnya mahasiswa memenuhi kursi aula, termasuk pula banyaknya pertanyaan seputar mekanisme MK Seminar Proposal tersebut. Dalam sosialisasi itu disampaikan seputar bagaimana mekanisme pelaksanaan Seminar Proposal, termasuk pula persiapan yang harus dilakukan mahasiswa.

Mata kulian ini nantinya akan dilakukan dengan dua mekanisme, antara lain tiga pertemuan pertama dengan cara klasikal, dan pertemuan berikutnya disesuaikan pada kesepakatan tiap dosen di research group. Sementara itu, mahasiswa disarankan sebelum tanggal 22 Januari 2017 untuk membuat outline proposal yang spesifik yang dapat ditujukan kepada tiap dosen berdasarkan minat kajian. Di saat yang sama, mahasiswa juga disarankan untuk tidak terlalu banyak mengambil mata kuliah pilihan di semester depan, agar beban perkuliahan tidak terlalu berat. Jikapun mengambil mata kuliah pilihan, disarankan untuk mengambil mata kuliah yang dapat mendukung proposal yang dibuat. Maka, mahasiswa dapat lebih fokus untuk mengerjakan proposal penelitian skripsi.

Yang juga menjadi catatan penting adalah syarat minimal yang harus dipenuhi oleh mahasiswa adalah telah menempuh dan lulus 90 SKS pada semester sebelumnya. Jumlah tersebut dapat ditempuh pada mahasiswa semester 6. Dengan mekanisme demikian, diharapkan waktu studi mahasiswa Sosiologi UB dapat dipercepat.

Peserta sosialisasi Seminar Proposal Skripsi

Peserta sosialisasi Seminar Proposal Skripsi