skip to Main Content

Penandatanganan Memorandum of Agreement (MOA) antara Prodi Sosiologi, FISIP UB, dengan Desa-Desa Binaan

Dalam rangka menindaklanjuti kerja sama antara pihak FISIP UB, secara khusus Program Studi Sosiologi, dengan beberapa desa binaan, maka diadakanlah kegiatan Stakeholder Gathering dan Penandatanganan Memorandum of Agreement (MOA). Acara yang digelar pada 21 Februari 2018 tersebut dilangsungkan di ruang sidang lantai 7 gedung A FISIP UB. Dalam acara itu hadir Dekan FISIP UB, Unti Ludigdo; Ketua Prodi Sosiologi, Anif F. Chawa; Ketua BPPM FISIP UB sekaligus koordinator program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sosiologi UB, Dhanny S. Sutopo; beberapa dosen Sosiologi yang mendampingi mahasiswa melakukan program KKN, dan para kepala desa binaan, seperti  Kepala Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan; Desa Sumbersuko, Kecamatan Wagir; Desa Sumberdem, Kecamatan Wonosari; Desa Brongkal, Kecamatan Pagelaran; Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang; dan Desa Plumbangan, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar.

Penandatanganan MOA ini merupakan bentuk penguatan kerjasama dari pihak kampus dengan pihak pemerintah desa. Proses ini sejalan dengan pernyataan Dekan FISIP dalam sambutannya, bahwa penguatan kerjasama ini diperukan untuk mewujudkan program pemerintah yang sedang gencar melakukan pembangunan yang dimulai dari wilayah desa; desa mengepung kota. Pengelolaan aset desa harus lebih hati-hati, karena ada beberapa kepala desa terkena kasus pungli. Pembangunan sistem akuntabilitas diperlukan untuk membangun desa. Dana yang melimpah di desa seharusnya dikelola berdasarkan kreatifitas lokal.

Kemudian dibacakan pula beberapa poin kerjasama oleh Anif F. Chawa, yang telah dilaksanakan oleh Prodi Sosiologi melalui program KKN, dan akan dikembangkan lebih secara lebih komperhensif yang mencakup bidang-bidang Tri Dharma perguruan tinggi, antara lain seperti di bidang pengajaran, pihak prodi bisa mengundang mengundang kades maupun perangkat desa menjadi narasumber diskusi, memberikan kuliah tamu, atau seminar. Di bidang penelitian, mahasiswa maupun dosen dapat melakukan penelitian di lokasi desa tersebut. Sedangkan dalam bidang pengabdian masyarakat, adalah diadakannya program KKN mahasiswa dan program pengabdian masyarakat dari dosen secara berkelanjutan.  Kerjasama tersebut tentunya didasarkan pada sumber daya program studi yang diarahkan melalui kelompok penelitian (research group).

Jpeg
Diskusi antara para kepala desa dengan pihak Prodi Sosiologi

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok terfokus. Masing-masing perwakilan desa dan prodi memberikan masukan atas program yang telah dijalankan. Hal ini sekaligus dapat diidentifikasi kekurangan yang belum dipenuhi oleh kedua belah pihak. Beberapa usulan juga disampaikan oleh perwakilan kepala desa dalam rangka perbaikan kerja sama ke depan. Acara kemudian ditutup dengan ramah tamah.

Jpeg
Penandatanganan MOA dan pemberian cinderamata

Acara ini merupakan bentuk tindak lanjut dari program KKN yang telah diadakan oleh mahasiswa selama beberapa tahun terakhir. Maka dengan adanya penandatangan MOA, diharapkan proses kerjasama antara Prodi Sosiologi, dan pemerintah desa dapat lebih kuat. Demikian pula, kegiatan-kegiatan bersama antara pihak kampus dan desa, mampu menciptakan inovasi yang berarti bagi kemajuan masyarakat.

 

 

Sosiologi UB

Department of Sociology Brawijaya University

Back To Top