Mahasiswi Berprestasi: Nefa Wahyuning Anggraini dan Dania Nur Shabrina

Rasa syukur senantiasa terpancar dari wajah mereka. Dialah Nefa Wahyuning Anggraini dan Dania Nur Shabrina, dua orang mahasiswi berprestasi dari Prodi S1 Sosiologi UB. Di sela-sela kesibukannya mengikuti kuliah, Nefa dan Dania menceritakan prestasinya sepanjang tahun 2019 ini. “Ya yang pastinya bangga ya. Alhamdulillah bisa membahagiakan orang tua juga”, tegas Nefa.

Pada 19-22 Oktober 2019 lalu, Nefa dan Dania menyabet dua gelar sekaligus, sebagai juara dan Best Paper, pada lomba Paper Writing Conference (Sriwijaya Accounting National Days) di Universitas Sriwijaya Palembang. Judul tulisan yang mereka sajikan adalah Dual Core Model: Inovasi Strategi Manajemen Guna Meningkatkan Produktivitas Organisasi Nirlaba Rumah Quran di Kota Malang. Acara yang mereka ikuti ini diadakan oleh Ikatan Mahasiswa Akuntasi (IKA) Universitas Sriwijaya.

“Kami yang berasal dari Sosiologi harus menerapkan strategi dan usaha maksimal untuk melawan argumentasi lawan yang mayoritas mahasiswa akuntansi”, tegas Nefa.

Sebelumnya, sepanjang tahun ini, kedua mahasiswi angkatan 2017 ini telah menyabet tiga penghargaan bergengsi. Antara lain sebagai runner up pada acara National Essay Competition yang diselenggarakan oleh Kopma BM Politeknik Negeri Semarang pada Januari lalu. Pada acara itu, Nefa dan Dania mengetengahkan esai berjudul Break The Stigma, Heal The ODHA: Pemberdayaan Orang dengan HIV/ AIDS (ODHA) melalui konsep ACTORS dalam Program Membatik dan Sablon di Kabupaten Malang. Dari esai itu dia dan tim Baris FISIP UB, bermaksud menjadikan ODHA komunitas yang mandiri secara finansial.

Lalu, penghargaan lain berupa juara ke-3 dalam National Equilibrium Conference pada 8-11 Agustus 2019, yang digelar oleh BEM Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Udayana, Bali. Dalam acara itu, Nefa dan timnya mempresentasikan gagasan ekonomi kreatif yang dicanangkan oleh Badan ekonomi Kreatif (BEKRAF). Dalam waktu 10 menit, Nefa dan tim harus mengemukakan gagasannya di hadapan para juri tentang peningkatan kesadaran atas budaya benda berupa batik.

Dania Nur Shabrina dan Nefa Wahyuning Anggraini saat menerima penghargaan pada ajang Paper Writing Conference (Sriwijaya Accounting National Days) (Photo by Nefa)

Terakhir, juara 3 Program Kreativitas Mahasiswa bidang kewirausahaan diraih Nefa di acara yang diadakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada 27-29 September lalu. Nefa dan kawan-kawan membuat gagasan yang berjudul Yummy: Inovasi Es Krim Terbuat dari Tebu. “Sebenarnya gagasan dari program ini sederhana, yakni membuat es krim dari bahan dasar tebu. Target pasarnya adalah cafe di Kota Malang, termasuk yang ada di sekitar kampus”, tegasnya.

Dalam mengikuti tiap kompetisi, sebagai satu tim, Nefa dan Dania mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Lembaga Baris sebagai organisasi yang diikutinya, termasuk pihak Prodi S1 Sosiologi UB. Sebab, hal ini tak lepas dari tangan dingin pembimbing lapangan dari Prodi Sosiologi UB, Dhanny. S. Sutopo, S.Sos., M.Si. yang senantiasa menyempatkan waktu untuk memberikan bimbingan, motivasi,  dan arahan kepada Nefa dan Dania. “Kami, baik sebagai individu maupun tim, sangat berterima kasih kepada Pak Dhanny yang merelakan waktunya untuk membimbing kami”, pungkas Dania.

Informasi lengkap prestasi mahasiswa Sosiologi UB dapat dilihat pada link berikut.