skip to Main Content
Orasi Ilmiah: Embeddedness, Socio-Education, And Disaster

Orasi Ilmiah: Embeddedness, Socio-Education, and Disaster

Sebagai bagian dari acara laporan tahunan Dies Natalis ke-17 FISIP UB, diadakan penyampaian webinar orasi ilmiah dengan judul Embeddedness, Socio-Education, and Disaster: Refleksi dan Assessment Dampak PostCovid-19 oleh Ahmad Imron Rozuli, SE, MSi., dari Jurusan Sosiologi UB, pada 13 November 2020. Seluruh rangkaian acara ini didadakan secara daring, dan diikuti segenap civitas akademika FISIP UB.

Ahmad Imron Rozuli, SE., M.Si. sedang menyampaikan orasi ilmiahnya.

Dalam orasi tersebut disampaikan, bahwa digitalisasi dalam berbagai aspek termasuk dalam konteks pendidikan telah terjadi dalam masa darurat pandemi. Ekses negatif dari perubahan besar ini di antaranya adalah terbentuknya perilaku pragmatis yang memerlukan rekonstruksi, dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat termasuk di dunia pendidikan. “Tetapi ini bisa menjadi persoalan dan hambatan dalam pelaksanaan pemblajaran jara jauh” terang Imron yang baru saja lulus ujian doktoral di Prodi S3 Sosiologi UB itu.

Dalam orasi tersebut juga dipaparkan bahwa dalam kerangka embeddedness (keterlekatan), situasi pandemi mencptakan habitus baru. Situasi yang baru ini memerlukan keterlibatan semua pemangku kepentingan guna memunculkan trust (kepercayaan) dan networking (jejaring). Ide dan implementasinya misalnya terbentuknya Kampung Tangguh, kerjasama TNI dan Masyarakat guna menghimpun modal sosial, ekonomi, dan budaya. Maka, peran universitas di tengah dinamikan ini menjadi sangat penting. Sebab, pada hakekatnya sebuah universitas adalah keberagaman yang dipersatukan (uni-versity), maka keterpaduan ilmu dan pengetahuan juga diperlukan.

Untuk membantu komunitas tuli dan mewujudkan kampus inklusif, acara ini juga dilengkapi dengan juru bahasa isyarat dan teks closed caption. Dengan demikian komunitas tuli dapat mengkses acara ini. Seluruh rangkaian acara ini bisa disimak di Webinar Laporan Tahunan Dies Natalis ke 17 FISIP UB di Channel Youtube FISIP UB.

Sosiologi UB

Department of Sociology Brawijaya University

Back To Top