skip to Main Content


Berikut ini adalah layanan yang dapat diakses mahasiswa

No. Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
(1) (2) (3)
1 Bimbingan dan konseling Kegiatan Bimbingan Kegiatan bimbingan kepada mahasiswa dilakukan dalam berbagai bentuk diantaranya. Bimbingan dilakukan dalam bentuk pertemuan mahasiswa dengan dosen pembimbing akademik. Bimbingan Praktek Kerja Nyata (PKN). Bimbingan Tugas Akhir/SkripsiKegiatan Konseling Bentuk kegiatan konseling pada mahasiswa S1 Sosiologi terintegrasi dengan kegiatan pada Pusat Kajian Psikologi Terapan (PKPT) yang berada di bawah Badan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BP2M) FISIP UB. Selain itu pada tingkat Universitas disediakan e-counseling yaitu bagian dari Pusat Pengembangan Pendidikan Akademik dan Professional (P3AP) yang memberikan layanan konseling mahasiswa (LKM). Layanan ini dapat diakses melalui https://konseling.ub.ac.id/.  
2 Minat dan bakat (ekstra kurikuler) UKM Kegiatan Penalaran Bentuk kegiatan ekstra kurikuler yang dikembangkan program studi bekerja sama dengan pihak fakultas mewadahi Lembaga Kegiatan Mahasiswa Bidang Penalaran seperti Badan Riset Mahasiswa (BARIS) dan Pers dan Jurnalistik (Perspektif). Selain itu dalam tingkat universitas banyak sekali disedikan lembaga yang berkaitan dengan penalaran seperti Formasi (Forum Studi Mahasiswa Bahasa Inggris), Fordi Mapelar (Forum Diskusi Mahasiswa Pengembangan Penalaran), UAPKM (Unit Aktivitas Pers Kampus Mahasiswa), IAAS (International Association of Student in Agriculture and Related Sciences), AIESEC (Association Internationale des Etudiant en Sciences Economiques et Commerciales), R-KIM (Riset dan Kalya Ilmiah) dan MW (Mahasiswa Wirausaha). UKM Kegiatan Minat dan Bakat Fakultas dan universitas memfasilitasi pengembangan minat dan mahasiswa dalam minat dan bakat seperti seni dan olahraga untuk menggali dan mengasah bakat mahasiswa pada bidang-bidang tertentu yang menjadi minatnya. Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, hal tersebut diwadahi dalam Lembaga Semi Otonomi (LSO) dinataranya: pada bidang sepak bola (Dynamite), Fotografi (Blidz), Radio dan Broadcasting (Se7enline Radio), Pecinta Alam (Kompas), Tari (Gendhis), LSO Olahraga, Band (Homeband FISIP), Paduan Suara (Sociomusica Choir), Event Organizer (Mixth) dan Film (SOCIETO Cine Club) serta Liga Basket untuk mahasiswa FISIP (Wolf). Di Universitas beberapa unit kegiatan mahasiswa yang ditawarkan adalah bidang olahraga seperti: Bola Voli, Tenis Meja, Bridge, Panahan, Buku Tangkis, Basket, Sepak Bola, Tenis Lapangan, Renang, Softball/Baseball, Boomerang, Menembak, Catur, Perisai Diri, PSHT (Persaudaraan Setua Hati Terate), Merpati Putih, Tapak Suci, Inkai, Kempo dan Taekwondo. Pada minat kesenian, kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan pada mahasiswa adalah Seni Religi, Band, Sinematografi, Teater, Marching Band, Unit Aktivitas Krawitan dan Tari serta Paduan Suara Mahasiswa. UKM Kegiatan Kerohanian UKM Kegiatan Kerohanian pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mencakup Unit Kerohanian Islam (ISSC/Islamic Social Sciences Community), dalam pelaksanaannya mahasiswa Sosiologi berpartisipasi aktif bahkan menjadi Ketua Umum dalam lembaga ini. Selain itu pada tingkat universitas beberapa UKM Kegiatan Kerohanian yang ditawarkan adalah UAKK (Unit Aktivitas Keagamaan Kristen), UAKKat (Unit Aktivitas Keagamaan Katholik), UNIKAHIDA (Unit Aktivitas Keagamaan Hindu Dharma), UAKB (Unit Aktivitas Kegamaan Budha) dan UAKI (Unit Aktivitas Kegamaan Islam).
3 Pembinaan soft skills PK2Maba Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Pembinaan soft skills mahasiswa sosiologi dilakukan dengan diadakannya kegiatan PK2Maba (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) setiap tahunnya. Pelaksanaannya dilakukan dengan berbagai kegiatan seputar kehidupan, proses belajar mengajar di universitas, cara beradaptasi dalam kehidupan perguruan tinggi, simulasi aksi dan demonstrasi, pengenalan lembaga semi otonom kampus serta inaugurasi. Kegiatan Research Day Selain itu, program studi juga mengadakan kegiatan Research Day. Kegiatan ini dikemas khusus untuk mahasiswa baru Sosiologi dalam mengenalkan hasil penelitian, pengabdian masyarakat, film, kelompok kajian dan semua produk-produk keilmuan Sosiologi yang selama ini telah dilakukan. Pengembangan Kapasitas Mahasiswa Sosiologi Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan tambahan pengetahuan di luar kelas terkait keilmuan Sosiologi. Kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahunnya seperti pemahaman kembali materi tentang teori, metodologi dan riset. Kegiatan ini dilakukan dengan mendatangkan narasumber baik dari dalam maupun dari luar Prodi Sosiologi.
4 Beasiswa   Bentuk kegiatan yang dilakukan dalam layanan ini adalah dengan disediakan berbagai tawaran terkait peluang beasiswa. Tawaran ini diinfokan melalui kemahasiswaan dan juga website Universitas Brawijaya http://beasiswa.ub.ac.id/ dan website FISIP dan juga website Program Studi Sosiologi.
5 Kesehatan   Layanan Poliklinik Universitas Brawijaya Layanan poliklinik memberikan pertanggungan kepada seluruh mahasiswa Universitas Brawijaya. Seluruh mahasisswa Universitas Brawijaya dapat memperoleh layanan seperti pada Poli, Umum, Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak dan Poli Spesialis. Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RS UB) Rumah sakit UB juga menjadi layanan mahasiswa dalam kesehatan yang terlengkap. Layanan yang diberikan rumah sakit UB kepada mahasiswa yaitu IGD, rawat inap dan rawat jalan. Selain itu layanan dokter diantaranya layanan THT, Gigi, Mulut, Spesialis Anak, General Check Up, Mata, Syaraf, Kandungan, bedah, Penyakit Dalam, Paru, Anastesi, Gigi Umum, Gigi Anak, Rehabilitasi Medik, Poli Jantung, Jiwa dan Bedah Ortopedi.

Back To Top