Mata Kuliah (MK) Seminar Proposal Skripsi Kurikulum 2015

Dalam rangka mempercepat masa studi mahasiswa sesuai dengan perubahan kurikulum 2015, Program Studi Sosiologi, Universitas Brawijaya merancang Mata Kuliah (MK) Seminar Proposal Skripsi sebagai persyaratan tugas akhir mahasiswa. Berikut ini adalah beberapa mekanisme baru yang akan dijalankan mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut, antara lain:

  1. Seminar proposal adalah mata kuliah dengan 3 kali tatap muka klasik dan 10 kali tatap muka dengan kelompok kajian/research group dosen.
  2. Mekanisme pengujian antara lain 1 kali UTS berupa mempresentasikan bab 1 dan 1 kali UAS berupa mempresentasikan bab 1 hingga bab 3.
  3. Sebelum masuk pada mata kuliah ini, mahasiswa mengumpulkan outline (sepanjang 2 halaman), kepada admin Prodi Sosiologi (Mas Sandi atau Mbak Tintris). Isi outline disesuaikan antara tema skripsi dengan bidang minat kajian  dosen. Dari pengumpulan itu, mahasiswa mengajukan diri untuk menjadi bimbingan dari salah satu dosen dan masuk dalam salah satu Research Group dosen. Berikut ini adalah template dan panduan substansi outline skripsi.
  4. Hasil pengajuan outline yang diajukan mahasiswa, digodok di rapat program studi tiap bulan. Tiap dosen menerima 8 mahasiswa.
  5. Setelah diputuskan dalam rapat, dosen yang bersangkutan menjadi pembimbing pendamping. Pembimbing pendamping semina proposal secara definitif menjadi dosen pembimbing skripsi.
  6. Terdapat tiga dosen yang menjadi koordinator mata kuliah ini, antara lain Indhar W. Harjo, Slamet Thohari, dan Nike Kusumawanti. Masing-masing dosen tersebut mengisi pertemuan ke-1 s/d 3; pembahasan dan pembuatan Bab 1 (pertemuan I) oleh Indhar W. W. Harjo; pembahasan bab 2 (pertemuan II) oleh Slamet Thohari; dan pembahasan bab 3 (pertemuan III) oleh Nike Kusumawanti. Pertamuan ke-1 s/d 3 berbentuk kelas klasikal. Pertemuan ke-4 hingga UAS diserahkan pada kesepakatan pada Research Group masing-masing.