skip to Main Content

Dana penelitian yang diberikan oleh fakultas juga mensyaratkan dalam kontrak penelitian supaya dosen membuat publikasi ilmiah. Begitupula penelitian yang mendapatkan dana dari universitas maupun Dikti. Hasil publikasi penelitian dosen menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam publikasi ilmiah tingkat nasional dan international. Yang perlu dievaluasi adalah peningkatan publikasi tersebut harus lebih ditingkatkan lagi baik publikasi nasional maupun publikasi internasional.

Grafik jumlah penelitian dan pengabdian 2017- 2019

Data di atas menunjukkan jumlah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen, menunjukkan bahwa jumlah penelitian dan pengabdian sama-sama besarnya. Namun yang membedakan ialah terletak pada peningkatan jumlah penelitian Dikti setiap tahunnya.

Program Studi S1 Sosiologi yang berada di bawah Jurusan Sosiologi dan FISIP telah merintis berbagai kerjasama dengan pihak luar untuk semakin menguatkan dan menerapkan nilai-nilai Tridharma Perguruan Tinggi. Kerjasama tersebut dilakukan dengan pihak lembaga non pemerintahan, perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, lembaga swasta, pemerintah baik ditingkat desa hingga provinsi dan lembaga-lembaga penelitian independen. Bidang yang dikerjasamakan dalam hal pendidikan yakni terkait dengan penelitian, pengabdian, assessment, dan sampai pada tataran pembuatan naskah akademis dalam rumusan kebijakan.

Selain itu kegiatan yang rutin dilakukan dalam menjaga keberlanjutan Kerjasama ialah kegiatan magang. Kemudian kerjasama dalam penelitian dan pengabdian terkait dengan tugas dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian dan memberikan dukungan bagi pembangunan masyarakat melalui program pengabdian masyarakat yaitu kolaborasi antara tim KKN dengan kegiatan pengabdian dosen. Semua kerjasama tersebut akan di evaluasi di perbaharui secara periodik sesuai dengan kebutuhan dengan mempertimbangkan masukan dari pihak fakultas, universitas dan institusi yang bersangkutan termasuk perwakilan dari sasaran masyarakat. Sedangkan kegiatan Kerjasama yang telah dilakukan oleh Jurusan S1 progam sosiologi selama tiga tahun terakhir ialah sebagai berikut:

A. Kerjasama Nasional

Grafik jumlah kerjasama nasional

Kerjasama nasional yang dilakukan oleh Program Studi S1 Sosiologi mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, usaha membangun kerjasama yang dilakukan terkait dengan kegiatan magang mahasiswa, KKN dan kerjasama penelitian dosen. Selain itu, arah dan prioritas kegiatan kerjasama juga disesuaikan dengan komposisi research group yang ada, yakni pemberdayaan masyarakat, gender dan inklusi, kelembagaan, media, dan ekologi bencana. Pada tahun 2017 lebih dominan pada lembaga masyarakat karena ditekankan pada pelayanan sosial yang berkaitan dengan inklusi, kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat. Di tahun 2018 lebih mengarah pada kerjasama pemerintah, hal tersebut dilakukan karena beberapa research group yang ada telah mampu berjejaring dan berkontribusi dalam kegiatan pemerintah, seperti konsultan, pendampingan, dan terlibat dalam rumusan kebijakan. Sedangkan tahun 2019 arah kerjasama lebih dominan pada perguruan tinggi, karena ingin mengembangkan dibidang penelitian lintas, pertukaran pelajar, visiting lecture, kegiatan 3-1 dan aktivitas lainya yang mendorong peningkatan kapasitas dosen dan mahasiswa.

Beberapa hasil kerjasama yang dilakukan terutama terkait dengan kegiatan akademik yaitu penempatan mahasiswa yang ingin magang, penempatan KKN, melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen. Adapula beberapa instansi yang bekerjasama terutama dalam usaha membangun sinergi program dan pelatihan.

Ke depan arah kerjasama yang dilakukan oleh Program Studi S1 Sosiologi adalah ke arah kegiatan terkait akademik dan kegiatan sinergi program terkait dengan pembangunan masyarakat desa. Selain juga kerjasama antar perguruan tinggi dari luar negeri terkait studi dosen, pertukaran mahasiswa dan kolaborasi penelitian.

b. Kerjasama international

Grafik jumlah kerjasama internasional

Sedangkan kerjasama internasional Program Studi S1 Sosiologi sudah melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi bersama dengan pihak fakultas/universitas. Terdapat 16 kerjasama internasional yang dapat dimanfaatkan oleh Program Studi S1 Sosiologi. Meskipun secara grafik jumlah kerjasama mengalami penurunan, namun yang menjadi penekanan ialah Jurusan program studi S1 Sosiologi lebih mengutamakan keberlanjutan kerjasama dan sesuai dengan ketentuan pada borang Sembilan standar, sehingga bukan pada jumlah kerjasama. Penekanan kerjasama yang berkelanjutan memberikan dampak dan manfaat kepada jurusan sosiologi yaitu meningkatnya jumlah dosen yang melajutkan studi diluar negeri, penelitian international, publikasi jurnal internasional dan pertukaran pelajar.

Back To Top