Analisis Hasil Penelitian & Pengabdian

ANALISIS HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN JURUSAN SOSIOLOGI

Dana penelitian yang diberikan oleh fakultas juga mensyaratkan dalam kontrak penelitian supaya dosen membuat publikasi ilmiah. Begitupula penelitian yang mendapatkan dana dari universitas maupun Dikti. Hasil publikasi penelitian dosen tersajikan dalam Standart 7.1 yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam publikasi ilmiah tingkat nasional. Yang perlu dievaluasi adalah peningkatan publikasi tersebut harus lebih ditingkatkan lagi baik publikasi nasional maupun publikasi internasional.

Gambar G.2 Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dosen 3 Tahun Terakhir

Data diatas menunjukkan jumlah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen, menunjukkan tren penurunan karena dosen dituntut untuk berkolaborasi penelitian dengan sesama dosen baik sesama program studi maupun lintas program studi.

Program Studi Sarjana Sosiologi yang berada di bawah Jurusan Sosiologi dan FISIP telah merintis berbagai kerjasama dengan pihak luar untuk semakin menguatkan Tridharma Perguruan Tinggi. Kerjasama tersebut dilakukan dengan pihak lembaga non pemerintahan, perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, institusi swasta, pemerintah baik ditingkat desa hingga provinsi dan lembaga-lembaga penelitian independen. Bidang yang dikerjasamakan adalah dalam hal pendidikan terkait dengan kegiatan magang, kuliah lapangan dan KKN. Kemudian kerjasama dalam penelitian dan pengabdian terkait dengan tugas dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian dan memberikan dukungan bagi pembangunan masyarakat melalui program pengabdian masyarakat. Semua kerjasama tersebut akan di evaluasi di perbaharui secara periodik sesuai dengan kebutuhan dengan mempertimbangkan masukan dari pihak fakultas, universitas dan institusi yang bersangkutan.

Berikut kerjasama yang telah dilakukan oleh Program Studi S1 Sosiologi :

Gambar G4. Grafik Kerjasama Nasional

Kerjasama nasional yang dilakukan oleh Program Studi S1 Sosiologi mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, usaha membangun kerjasama yang dilakukan terkait dengan kegiatan magang mahasiswa, KKN dan kerjasama penelitian dosen. Sedangkan kerjasama internasional Program Studi S1 Sosiologi sudah melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi bersama dengan pihak fakultas/universitas. Terdapat 12 kerjasama internasional yang dapat dimanfaatkan oleh Program Studi S1 Sosiologi.

Beberapa hasil kerjasama yang dilakukan terutama terkait dengan kegiatan akademik yaitu penempatan mahasiswa yang ingin magang, penempatan KKN mahasiswa, melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen. Adapula beberapa instansi yang bekerjasama terutama dalam usaha membangun sinergi program dan pelatihan.

Kedepan arah kerjasama yang dilakukan oleh Program Studi S1 Sosiologi adalah ke arah kegiatan terkait akademik dan kegiatan sinergi program terkait dengan pembangunan masyarakat desa. Selain juga kerjasama antar perguruan tinggi dari luar negeri terkait studi dosen, pertukaran mahasiswa dan kolaborasi penelitian.