Analisis Hasil Penelitian & Pengabdian

ANALISIS HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN JURUSAN SOSIOLOGI

Dalam  perkembangannya selama 2 (dua) tahun ajaran akademis, terhitung dari 2011-2012 hingga 2012-2013, pada Jurusan Sosiologi mengalami peningkatan jumlah satuan judul dan sumber pendanaan untuk kegiatan penelitian dan pengabdian bagi dosen dari internal fakultas sebagaimana terlihat pada diagram di bawah ini:

TABEL analisis hasil penelitian dan pengab

 

Diagram di atas terhitung dari per/satuan judul penelitian dan pengabdian, yang dalam perkembangannya terdapat peningkatan jumlah satuan judul penelitian dan pengabdian untuk 2 (dua) tahun ajaran akademik ini. Dari 3 judul penelitian dan pengabdian pada TA 2011-2012 meningkat masing-masing menjadi 5 judul pada TA 2012-2013, dan tiap-tiap judul dijalankan oleh 3 orang dosen Jurusan Sosiologi. Untuk besaran dana yang didapatkan dari Hibah Internal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik adalah sebagai berikut:

Tahun Ajaran 2011-2012

  1. Dana penelitian                Rp 6.000.000,- x 3 judul = Rp 18.000.000,-
  2. Dana pengabdian             Rp 3.000.000,- x 3 judul = Rp  9. 000.000,-.

Tahun Ajaran 2012-2013

  1. Dana peenelitian              Rp 10.000.000,- x 5 judul = Rp 50.000.000,-
  2. Dana pengabdian             Rp   5.000.000,- x 5 judul = Rp 15.000.000,-

Adanya peningkatan ini membuka kesempatan bagi dosen Jurusan Sosiologi lebih intensif untuk menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi. Demikian juga bagi dosen-dosen muda akan lebih terbuka kesempatannya untuk terlibat aktif dalam penelitian dan pengabdian.

Dari dana dan jumlah kegiatan penelitian dan pengabdian internal dosen Jurusan Sosiologi seperti yang tergambarkan di atas, pada intinya dalam 2 tahun ajaran akademis ini telah mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Namun kegiatan penelitian dan pengabdian dosen yang telah dilakukan sifatnya masih terberi dari internal fakultas, sehingga belum berkesempatan untuk mendapatkan dana hibah penelitian dan pengabdian kompetitif di tingkat universitas ataupun di tingkat nasional. Untuk di tingkat universitas, keterbatasan ini dikarenakan studi dari disiplin sosiologi pada umumnya memiliki tingkat relevansi yang terbatas dengan roadmap penelitian universitas. Adapun di tingkat nasional, usaha untuk mendapatkan dana hibah kompetitif tetap diupayakan meskipun masih belum berkesempatan mendapatkannya.

Judul-judul penelitian dan pengabdian yang telah dilakukan dosen Jurusan Sosiologi berusaha untuk menangkap isu-isu kontemporer dan juga menyesuaikan dengan cluster keahlian dosen, yaitu dibidang sosiologi pembangunan, serta konteks lingkungan dan kebencanaan sosial.

Di atas adalah kegiatan penelitian dan pegabdian yang bersumber dari dana hibah internal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Disamping itu, dari masing-masing dosen juga telah memiliki kegiatan penelitian dan pengabdian mandiri yang sumber dananya diperoleh dari eksternal. Meskipun intensitasnya tidak merata di tiap-tiap dosen, tetapi hal ini menunjukkan adanya upaya dosen untuk meningkatkan produktivitasnya di bidang penelitian dan pengabdian sebagai syarat terpenuhinya pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Adapun akumulasi jumlah dana yang diterima dari kegiatan penelitian dan pengabdian eksternal dari masing-masing dosen juga mengalami perkembangan seiring dengan intensitasnya yang meningkat, meskipun akumulasi dana penelitian dan pengabdian yang didapatkan oleh dosen-dosen Jurusan Sosiologi belum ada rekapitulasinya.