Laboratorium Sosiologi

Struktur Organisasi LabSos2

Laboratorium Sosiologi adalah lembaga dibawah Jurusan Sosiologi yang memiliki 3 divisi, yaitu:

1. Divisi Penelitian dan Pengabdian (Pusat Studi Eco Design dan Pemberdayaan Sosial)
2. Divisi Dokumentasi (Pusat Dokumentasi Sosial)
3. Divisi Pendidikan (Brawijaya Sociological Thought)

Divisi Penelitian dan Pengabdian pada Jurusan Sosiologi  dipegang oleh Pusat Studi Eco Design dan Pemberdayaan Sosial (PUSCODAS) atau Center of Eco-design and Social Empowerment. Adapun tugas pokok dan fungsi dari divisi ini adalah Mengembangkan penelitian-penelitian sosial terapan; Membangun dan mengelola kerjasama penelitian terapan dengan institusi-institusi lain; Menyelenggarakan peningkatan mutu peneliti dan penelitian dalam bentuk kerjasama, Pertukaran peneliti dan kerjasama penelitian; Melakukan publikasi riset berupa newsletter, working paper, jurnal (secara berkala) dan buku baik dalam bentuk cetak maupun on-line; Desiminasi hasil penelitian melalui berbagai kegiatan penelitian terapan; Menginisiasikan keahlian minor para dosen sosiologi dalam rangka mengembangkan produktifitas dosen dalam bidang penelitian.

Dari berbagai tugas dan fungsi tersebut, beberapa kegiatan yang telah dilakukan pusat studi adalah melakukan kerjasama penelitian dengan PT Bentoel Prima pada tahun September 2013-Maret 2014 dan masih akan menjadi kerjasama berkelanjutan di tahun berikutnya. Adapun kerjasama yang dilakukan adalah melakukan penelitian berkaitan dengan penggalian permasalahan dan analisis kebutuhan masyarakat di sekitar Industri (Community Need Assessment) serta pemetaan sosial terhadap kondisi masyarakat di sekitar lingkungan perusahaan; Bersama dengan Divisi Pendidikan menyelenggarakan diskusi terbatas membahas metode penelitian untuk mengembangkan produktifitas dosen dalam bidang penelitian dan peningkatan mutu peneliti.

Program kerja dan AD ART Pusat Studi Eco Design & Pemberdayaan Sosial dapat diunduh dibawah ini:
PROGRAM KERJA PUSAT STUDI
AD ART PusCoDAS

Divisi Dokumentasi pada jurusan Sosiologi dipegang oleh Pusat Dokumentasi Sosial. Tugas yang dilakukan adalah mendokumentasikan seluruh hasil kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa. Diharapkan Jurusan memiliki Bank Data-Data Sosial (Basis of Data) lengkap yang dapat digunakan untuk melakukan kajian dan penelitian selanjutnya. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan Divisi Dokumentasi adalah mendokumentasikan hasil penelitian Hibah Dosen, Buku & Jurnal, Skripsi Mahasiswa, Praktek Kerja Magang Mahasiswa dan Penelitian Mahasiswa dalam bentuk praktikum mata kuliah.

Divisi Pendidikan  pada jurusan Sosiologi bertugas untuk melakukan kegiatan yang mengacu pada diskusi dinamika teori, metode penelitian dan isu-isu kontemporer penting untuk digagas. Singkatnya divisi ini mengelola dan mengembangkan keilmuan di dalam jurusan. Diskusi ini dirancang sebagai sebuah dialog yang berkelanjutan dan menjadi sebuah ruang bagi akademisi di bawah ‘payung’ Jurusan Sosiologi Universitas Brawijaya untuk mengembangkan pemahaman terhadap sosiologi sebagai disiplin ilmu sekaligus konteks praktisnya. Kesadaran untuk meningkatkan sekaligus memajukan kajian sosiologi dengan pola tersebut dapat diawali baik dari tataran lokal, nasional maupun internasional. Integrasi ruang-ruang lingkup tersebut memberikan kesempatan bagi dosen, asisten dosen maupun mahasiswa terutama tutor diskusi mata kuliah untuk lebih peka dalam mengamati realitas sosial. Kegiatan dalam Divisi Pendidikan ini dibagi 4 yaitu:

  1. Praktikum mata kuliah yaitu kegiatan yang mengorganisir seluruh kegiatan praktikum lapangan yang harus ditempuh mahasiswa dalam beberapa mata kuliah tertentu. Kegiatan praktikum meliputi koordinasi dalam hal perekrutan asisten praktikum, melakukan penguatan kapasitas asisten praktikum, menyelenggarakan kegiatan praktikum pada area tertentu, melakukan proses konsultasi, pendampingan dan pengawasan pembuatan proposal hingga laporan praktikum. Adapun output dari  kegiatan praktikum ini adalah memberi pengetahuan praktik dalam melakukan riset dalam sosiologi, menuliskan dalam sebuah karya penelitian ilmiah dan dalam tingkat lanjut dapat diterbitkan dalam jurnal/buku.
  2. Soziologe/Brawijaya Sociological Thought yaitu diskusi yang dilakukan internal para civitas akademika jurusan Sosiologi untuk membahas permasalahan metode penelitian Sosiologi, mulai lahir dan perkembangan mutakhirnya, hingga pada tataran aplikasi di lapangan. Kegaiatan ini dilakukan setiap satu bulan sekali dengan peserta diskusi yaitu: Dosen; Asisten Dosen Jurusan dan mahasiswa tutor mata kuliah praktikuum. Jadwal kegiatan diskusi Soziologe 2013-2014 dapat diunduh disini
  3. Brawijaya Sociological Thought Series yatu program kuliah tamu yang mendatangkan narasumber/tokoh nasional dan internasional untuk membahas sebuah realitas sosial untuk memperkaya wacana pengetahuan dan kajian keilmuan dosen dan mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan selama 3 bulan sekali. Kegiatan yang telah dilakukan adalah dengan mendatangkan narasumber Rachel Rinaldo, Virginia University; JJ Rizal, Sejarahwan Indonesia; Peter Carey, Emeritus professor pada Oxford University, dan lain sebagainya.
  4. Research Day yaitu kegiatan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru Sosiologi dan wahana  berekspresi dan berbagi pengalaman bagi mahasiswa tingkat lanjut dan lulusan Jurusan Sosiologi. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah:
  • Kuliah umum Kuliah umum dalam rangkaian acara ini mengani  Kompetensi dan Prospek Lulusan Sosiologi. Narasumber dari acara ini para alumni Sosiologi FISIP UB.
  • Bedah penelitian Penyajian penelitian-penelitian yang dilakukan mahasiswa lama kepada mahasiswa baru.
  • Bedah film Penyajian film karya mahasiswa. Mereka berkesempatan untuk membedah hasil karyanya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman seputar sinematografi sosial.
  • Bedah foto Foto hasil karya mahasiswa dan dosen dipamerkan dan peserta dapat menikmati karya foto ketika waktu istirahat. Tidak hanya melihat, mahasiswa baru juga diberikan tugas untuk menginterpresentasikan setiap foto yang dipamerkan. Hasil dari interpretasi ditulis dalam formulir yang telah disediakan (Formulir bisa dilihat dalam lampiran). Untuk memberikan contoh mengenai interpretasi, beberapa foto ditambahkan narasi singkat.
  • Presentasi PKN Satu kelompok PKN yang dianggap berhasil menjalankan program terpilih untuk menjadi penyaji di hadapan mahasiswa baru. Sebelum melakukan presentasi, diadakan terlebih dahulu proses seleksi oleh tim dosen.
  • Bazaar buku Dengan bekerja sama dengan beberapa toko buku dan percetakan, diadakan pula bazaar buku.
  • Akustik Acara ini diisi oleh band mahasiswa Sosiologi. (AK)

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Laboratorium Sosiologi, dapat diakses melalui link berikut:

labsosiologi.fisip.ub.ac.id