Galeri

 

 

16 Soziologe mbak nike dan Daniella 2

Pada 10 Juli 2013 kemarin digelar acara rutin Jurusan Sosiologi Soziologe. Pada seri ini yang dibahas adalah pendekatan interaksionisme simbolik dengan penyaji Nike Kusumawanti, S.Sos, MA. Dalam diskusi disimpulkan bahwa setiap interaksi di antara manusia mengandung simbol. Dan pemaknaan atas simbol tersebut juga bergantung pada interaksi yang melatarbelakanginya. Turut pula bergabung dalam acara diskusi, Prof. Danilyn Rutherford (kiri) ketua Anthropology Department, University of California at Santa Cruz, yang merupakan peneliti bidang disability studies.

 

 

14 the nation

Kerja sama antara Center for Culture and Frontier Studies (CCFS) dengan Jurusan Sosiologi FISIP UB, kemarin pada 11 Juni digelar acara pekan budaya. Dalam acara itu dihadirkan beberapa pembicara seperti Prof. Dr. Soetandjo Wignjosoebroto, MPA (dua dari kiri), Prof. Irwan Abdullah, Ph.D (tiga dari kiri), dan Prof. Dr. I Nyoman Nurjaya (kanan), dengan dimoderatori oleh Ary Budhi. Diskusi ini membahas masalah kebangsaan dan pembangunan di wilayah ujung perbatasan.

 

 

13 b ifa p arif jj rizal

Kegiatan yang digelar pada 23 s/d 24 Mei 2013 ini merupakan peluncuran lembaga Center for Culture and Frontier Studies (CCFS) UB dengan bekerja sama dengan Jurusan Sosiologi FISIP UB. Kegiatan pertama yang digelar adalah kuliah tamu dan bedah buku. Kali ini, dibahas mengenai buku yang berjudul Nyai dan Pergundikan di Hindia Belanda, dengan pembicara J. J. Rizal (kiri) dan Siti Kohlifah Ph.D. (kanan) dengan moderator Arief B. Nugroho, S.Sos., M.Si.

 

 

13 lutfi dhanny

Selain diskusi dan bedah buku, acara peluncuran lembaga studi CCFS juga mengadakan nonton bareng. Film yang diputar bertajuk Kembali Merajah Mentawai. Sebagai narasumber, didapuklah Dhanny S. Sutopo,S.Sos., M.Si (kanan), seorang antropolog yang berpengalaman dengan kehidupan suku-suku pedalaman, baik di Sumatra, Kalimantan, maupun Papua. Acara ini dimoderatori oleh Lutfi Amiruddin, S.Sos., M.Sc.

 

 

Soziologe andini 17 mei 2013

Pendekatan fenomnologi menjadi bahasan dalam seri Soziologe bulan Mei ini (17/05/2013). Sebagai penyaji, Andini S. Karlina menjelaskan secara gamblang pendekatan fenomenologi, terutama oleg Marleau Ponti di hadapan para hadirin.

 

 

12 di balik frekuensi

Tidak hanya kuliah lapangan, kegiatan Jurusan Sosiologi juga dimeriahkan dengan acara nonton bareng dan bedah film. Kali ini (10/05/2013), digelar acara menonton film berjudul Di Balik Frekuensi (Sutradara: Ucu Agustin), dengan pembedah Anton Novenanto, S.Sos., MA. Melalui acara ini didedah secara gamblang mengenai keberpihakan media massa di Indonesia. Frekuensi, yang sejatinya milik publik, nyatanya hanya dimonopoli oleh hanya beberapa media raksasa di Indonesia.

 

 

11 Praktikum kuantitatif Banjararum

Para mahasiswa Sosiologi sedang berdiskusi mengenai temuan data pada kuliah lapangan Metode Penelitian Kuantitatif (04/05/2013). Dalam mata kuliah ini, mahasiswa tidak hanya dilatih untuk peka dalam membaca realitas sosial dengan memakai metode ilmiah, tetapi juga menjalankan etika penelitian lapangan. Dengan dibantu dengan beberapa asisten praktikum, para dosen juga melakukan pembimbingan lapangan di beberapa lokasi penelitian di  wilayah Kabupaten Malang.

 

 

10 praktikum wagir

Para mahasiswa sedang menyimak penjelasan yang disampaikan oleh dua orang dosen Jurusan Sosiologi (26/04/2013). Para mahasiswa terjun untuk melakukan penelitian lapangan Mata Kuliah integratif Statistik Sosial-Struktur Pranata Sosial dan Perubahan Sosial. Dalam kegiatan ini, rombongan mahasiswa diwajibkan untuk mencari data pada beberapa lokasi di Desa Wagir, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

 

 

9 Praktikum ParGlob Ngadas 1

Dua orang mahasiswa sedang melakukan wawancara dengan informan dari Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang mengenai pengembangan potensi pariwisata di desanya (20/04/2013). Aktivitas ini merupakan rangkaian acara kuliah lapangan Mata Kuliah Pariwisata dan Globalisasi yang ditawarkan pada semester genap.

 

 

Soziologe p iwan 19 4 2013

Pada 19 April 2013 kemarin, Iwan Nurhadi, S.Sos., M.Si sedang menyajikan sebuah makalah berjudul Pendekatan Grounded Research dalam acara rutin bulanan Soziologe yang digelar oleh Jurusan Sosiologi FISIP UB.

 

 

8 FGD Gadang

Beberapa dosen dan mahasiswa Jurusan Sosiologi sedang menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan perwakilan masyarakat sekitar industri, atau dalam hal ini warga dari Kelurahan Gadang (28/03/2013). Dengan bekerjasama dengan dunia industri, kegiatan penelitian ini memiliki tujuan akhir untuk mengembangkan masyarakat sekitar industri. Tidak hanya di Kelurahan Gadang saja, aktivitas serupa juga diadakan di beberapa titik, baik dalam wialayah Kota Malang, maupun Kabupaten Malang yang memiliki karakter wilayah sekitar industri.

 

 

7 Soziologe pak dani

Setiap bulan para staf pengajar di Jurusan Sosiologi FISIP UB menggelar acara rutin berupa diskusi yang bertajuk Soziologe. Pada putaran tahun ini permasalahan yang dibahasa adalah pendekatan-pendekatan dalam metode kualitatif. Pada seri Soziologe kali ini (08/03/2013), dengan bertempat di ruang sidang Sosiologi, dibahas sebuah makalah yang disajikan oleh Dhanny S. Sutopo, S.Sos., M.Si yang berjudul Metode Etnografi dan Penerapannya.

 

 

6 Rapat Kerja Sosiologi

Aktivitas Jurusan Sosiologi pada 15 hingga 17 Februari 2013 ini tetap padat. Selama tiga hari para tenaga pengajar dan staf administrasi Jurusan Sosiologi sedang menggelar rapat kerja. Rapat yang diadakan  di Hotel Sahid Montana ini berisi restrukturasi organisasi dalam jurusan ini.

 

 

5 Rachel Rinaldo

Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya, Malang telah melaksanakan kegiatan kuliah tamu pada Selasa, 22 Januari 2013 pukul 10.00-12.00 WIB di Lantai 7 Gedung A, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan tema “Muslim Women Activist and Question of Agency” dengan pemateri Rachel Rinaldo, P.hD seorang peneliti bidang gender dan agama Universitas Virginia, Amerika Serikat dan Siti Kholifah, P.hD dosen jurusan Sosiologi Universitas Brawijaya dengan Moderator Lutfi Amiruddin, S.Sos., M.Sc.

 

 

3 Praktikum Sosiologi bencana

Para mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Sosiologi Bencana di semester ganjil sedang melakukan penelitian lapangan di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang (7-9/12/2012). Sebagaimana diketahui, wilayah desa ini rawan terjadi bencana terutama banjir. Dalam penelitian lapangan ini, mahasiswa mempelajari bagaimana masyarakat melakukan adaptasi atas lingkungannya yang rawan bencana.

 

 

2 Martin Slama

Acara kuliah tamu yang diadakan oleh Laboratorium Sosiologi Sosiologi UB ini (13/08/2012) bertema Antropologi Diaspora dan Islam Translokal. Pembicara dalam acara ini adalah Dr. Martin Slama, seorang Indonesianis dari Institute for Social Anthropology, Austrian Academy of Sciences, dengan dimoderatori oleh Indhar Wahyu W. W. Harjo, S.Sos., MA. Slama berbagi pengalaman tentang penelitiannya di Indonesia mengenai asal-usul keturunan etnis Arab terutama yang berasal dari tanah Hadramaut (Yaman; sekarang)

 

 

1 antariksa kunci

Rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Laboratorium Sosiologi kali ini (26/05/2012) menghadirkan Antariksa (Kunci Cultural Studies Center). Dengan dipandu oleh moderator Indhar W. W. Harjo,S.Sos.MA, kuliah ini membahas metode genealogi dan pemikiran Michel Foucault.

 

 

0 pelatihan dokumentasi sosial

Para mahasiswa Sosiologi sangat antusias dalam mengikuti pelatihan dokumentasi sosial (27/03/2012). Pemateri acara itu adalah Lutfi Pratomo, seorang sineas muda independen dan Taufan, sineas jebolan Eagle Award.