skip to Main Content

Jurusan Sosiologi merupakan salah satu jurusan yang berdirinya hampir bersamaan dengan berdirinya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  (FISIP) Universitas Brawijaya. Pada awalnya Jurusan Sosiologi hanya memiliki Program Studi S1 Sosiologi. Dalam perkembangannya, berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Brawijaya Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Susunan Organisasi Dan Tata Kerja (SOTK), Jurusan Sosiologi kini memiliki tiga program studi yaitu PS S1 Sosiologi, PS Magister Ilmu Sosial dan PS S3 Doktor Ilmu Sosiologi. Sebelumnya, kedua program studi pascasarjana tersebut berada di bawah Program Studi Pascasarjana FISIP.

Jurusan Sosiologi melalui tiga program studinya sudah meluluskan ratusan alumni. Dari hasil tracer study yang dilakukan lulusan atau alumni Jurusan Sosiologi telah bekerja di berbagai sektor dari akademisi (dosen dan guru), menjadi tenaga atau staff di instansi pemerintah (misalnya pemerintah daerah/PEMDA), perusahaan (perusahaan sawit, minyak, penerbangan, perbankan, industri jasa dan sebagainya), NGO dan juga berwiraswasta. Selain itu, Jurusan Sosiologi juga memiliki prestasi di tingkat nasional dan internasional. Prestasi tersebut diperoleh melalui keikutsertaan mahasiswanya diberbagai kompetisi seperti PIMNAS, PKM dan berbagai event mahasiswa yang lainnya.

Beberapa perkembangan Jurusan Sosiologi seperti yang dijelaskan di atas menuntut ditetapkannya Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, dan Strategi baru dari jurusan. Lebih lanjut, untuk mewujudkan Visi dan Misi baru yang telah ditetapkan, Jurusan Sosiologi perlu menyusun program jangka Panjang 5 tahun dalam suatu dokumen Rencana Strategis Jurusan Sosiologi 2016 -2020. Selain berdasarkan Visi dan Misi jurusan, penyusunan Renstra ini juga didasarkan pada Pilar Strategi Dikti 2005-2025 yaitu (1) Perluasan dan pemerataan akses perguruan tinggi bermutu dan berdaya saing internasional (2) Penyediaan dosen yang kompeten, sarana dan prasarana, subsidi, data dan informasi (3) Peningkatan kualitas pengelolaan perguruan tinggi. Dasar selanjutnya yang digunakan dalam penyusunan Renstra Jurusan Sosiologi.

Misi Tujuan Sasaran Indikator
Menyelenggarakan organisasi pendidikan melalui pelaksanaan tata kelola yang kredibel, transparan, akuntabel, adil dan bertanggungjawab. Menguatkan Kelembagaan Jurusan Sosiologi sesuai dengan SNPT dan dikembangkan pada level ASEAN. Peningkatan Kinerja Organisasi Penjaminan Mutu Jurusan Sosiologi. Tersusunnya dokumen Jurusan Sosiologi sesuai dengan SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) UB.
Peningkatan Akreditasi dan sertifikasi Jurusan Sosiologi di tingkat nasional maupun internasional Meningkatnya nilai Akreditasi Program Studi Jurusan Sosiologi
Program studi di jurusan sosiologi mendapatkan sertifikasi internasional, salah satunya AUN-QA.
Peningkatan Kualitas Dosen dan Tenaga Kependidikan Meningkatnya jabatan fungsional dosen jurusan sosiologi minimal asisten ahli
Meningkatnya jumlah dosen yang memiliki Sertifikasi Dosen (Serdos)
Meningkatnya jumlah dosen memiliki jenjang studi doktor.
Meningkatkan kerjasama Jurusan Sosiologi dengan institusi dalam negeri dan luar negeri terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi Peningkatan jumlah kerjasama Jurusan Sosiologi dengan institusi dalam negeri dan luar negeri terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi. Meningkatnya jumlah kerjasama Jurusan Sosiologi dengan institusi dalam negeri dan luar negeri.
Meningkatnya jumlah mahasiswa yang melakukan PKN di institusi yang sudah bekerjasama dengan Jurusan Sosiologi.
Meningkatnya jumlah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan institusi yang sudah bekerjasama dengan Jurusan Sosiologi.
Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menjamin keluaran yang berkualitas, relevan dengan kebutuhan stakeholder, memiliki semangat social entrepreneur dan berdaya saing di tingkat Nasional dan ASEAN+ melalui peningkatan atmosfer akademik yang sesuai dengan standar nasional dan internasional Terwujudnya atmosfer akademik yang menunjang proses pembelajaran proposional antara pengetahuan teoritik, metode, dan praktik/aplikatif. Penyelenggaraan kurikulum sesuai dengan KKNI, dan SNPT DIKTI. Tersusun dan terselenggaranya kurikulum sesuai dengan KKNI, dan SNPT DIKTI.
Tersusunya kurikulum yang sesuai dengan research group dosen.
Penyelenggaraan proses pembelajar dengan metode blanded learning. Terselenggaranya proses pembelajaran dengan metode blanded learning minimal google class room.
Penyelenggaraan kurikulum yang seimbang antara pengetahuan teoritik, metodis dan praktik/aplikatif. Tersusunya modul praktikum dan  terselenggaranya proses pembelajaran berpraktikum berdasarkan modul yang telah tersusun.
Tersusun dan tersedianya modul bahan ajar untuk menunjang proses pembelajaran.
Terselenggaranya kuliah tamu dari pakar dan praktisi dari luar PT.
Terwujudnya proses pembelajaran yang inklusif. Penyelenggaraan kurikulum dan proses pembelajaran yang inklusif dan kritis serta berpedoman pada etika akademis. Meningkatnya jumlah mahasiswa afirmasi dan difabel.
Terselenggaranya workshop bersifat akademis dan non-akademis untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa.
Meningkatnya  kemampuan/ kompetensi mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah, analisis sosial, social planner yang memiliki  semangat social-entrepreneur. Peningkatan kapasitas mahasiswa dalam melakukan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi ilmiah. Meningkatnya keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen Jurusan Sosiologi.
Meningkatnya jumlah prestasi mahasiswa dalam bidang akademik dan non-akademik tingkat nasional.
Meningkatnya jumlah prestasi mahasiswa dalam bidang akademik dan non-akademik tingkat internasional.
Meningkatnya publikasi mahasiswa berupa buku, prosiding, jurnal nasional terakreditasi, dan jurnal internasional bereputasi.
Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Sosiologi untuk kemudian hasilnya diterapkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Berkembangnya kajian Sosiologi yang kolaboratif untuk menghasilkan riset berkualitas dan berdaya saing untuk diterapkan dalam pengabdian masyarakat yang bermutu. Pembentukan research group dosen Jurusan Sosiologi yang memiliki road map penelitian. Terselenggaranya workshop bersifat akademis dan non-akademis untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa.
Peningkatan jumlah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen Jurusan Sosiologi yang dibiayai oleh lembaga eksternal dan internal. Meningkatnya jumlah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen Jurusan Sosiologi yang dibiayai oleh lembaga eksternal.
Back To Top