Ditulis pada 11 November 2014 , oleh Sosiologi UB

 

No BIDANG KERJA TUPOKSI PIC
1 KETUA JURUSAN 1 Menyusun rencana dan program kerja Program Studi sebagai pedoman kerja; Anif Fatma Ch.
2 Membuat konsep rencana pengembangan Jurusan sebagai bahan masukan Dekan (studi lanjut, pelatihan staf/pengajar, laboran dan staf administrasi, pelatihan soft skill mahasiswa);
3 Menyusun rencana kegiatan atau program kerja Jurusan Sosiologi
4 Membimbing dan menilai kegiatan kemahasiswaan di lingkungan Jurusan Sosiologi untuk bahan pengembangan;
5 Memantau dan mengevaluasi pembuatan GBPP, SAP pengajaran;
6 Menyusun/mengevaluasi beban tugas mengajar dosen setiap semester;
7 Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan perkuliahan untuk meningkatkan mutu Program Studi;
8 Mengajukan usul penugasan Dosen Wali atau Penasihat Akademik kepada Dekan;
9 Menyusun rencana biaya operasional Jurusan Sosiologi per tahun berdasarkan beban kerja dan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran kegiatan perkuliahan;
10 Menyusun rencana kebutuhan dosen dan tenaga administrasi Jurusan Sosiologi;
11 Mengkoordinir dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan beban tugas dan keahliannya;
12 Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Jurusan Sosiologi sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas kepada Dekan.
13 Melaporkan kegiatan secara berkala kepada Dekan
14 Mengembangkan hubungan baik dan kerjasama dengan pemangku kepentingan
2 SEKRETARIS JURUSAN 1 Membantu Ketua Jurusan menyusun bahan konsep rencana dan program kerja tahunan Jurusan Sosiologi sebagai pedoman pelaksanaan tugas; Arief B.N
2 Membantu Ketua Jurusan menyusun bahan konsep rencana dan koordinasi untuk pengembangan SDM Jurusan Sosiologi (studi lanjut, Pelatihan staf/pengajar, asisten dosen dan staf administrasi, pelatihan soft skill mahasiswa)
3 Mengkoordinasikan kegiatan proses belajar mengajar bersama dengan Kelompok Dosen Keahlian/Kelompok Jabatan Fungsional Dosen; (bersama Prodi)
4 Mengkoordinasikan penyusunan dan pengembangan kurikulum dan pembuatan RKP/RPKPS/SAP berdasarkan ketentuan yang berlaku bersama dengan Kelompok Dosen Keahlian/Kelompok Jabatan Fungsional Dosen;
5 Mengkoordinir ketatausahaan Jurusan Sosiologi
6 Menyusun jadwal perkuliahan di tingkat Jurusan Sosiologi
Bersama Prodi memantau kemajuan studi mahasiswa dan membuat penanganan khusus, jika dibutuhkan, berkaitan dengan kemajuan studi mahasiswa
7 Mengkoordinasi kegiatan di Laboratorium Sosiologi
8 Menyusun basis data akademik kemahasiswaan di Jurusan Sosiologi
9 Menyusun basis data kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dosen dan laboratorium di Jurusan Sosiologi
10 Bersama tim UJM mengkoordinasi pembuatan Tinjauan Manajemen
11 Bersama tim UJM, memonitor dan mengevaluasi implementasi dokumen mutu akademik di tingkat Jurusan
3 KETUA PROGRAM STUDI  (SARJANA, MAGISTER DAN DOKTOR) 1 Membantu penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran berdasarkan satuan rencana belajar dan kurikulum Anif Fatma Ch. (S1)
2 Mengontrol pelaksanaan kegiatan belajar mengajar Wawan Sobari (S2)
3 Merumuskan standar mutu pendidikan Program Studi Sarjana, Magister dan atau Doktor yang diselenggarakan oleh Jurusan Sosiologi Bambang Dwi P (S3)
4 Mengkoordinasi para pengampu Mata Kuliah untuk membuat GBPP/SAP Pengajaran
5 Melaksanakan koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan praktikum, PKN/KKN
6 Melakukan pengembangan keilmuan serta kurikulum program studi
7 Mengkoordinasikan  pelaksanaan ujian dan pengumpulan soal ujian;
8 Memantau kemajuan studi mahasiswa;
9 Mengkoordinir pelaksanaan konsultasi mahasiswa dengan pembimbing akademis;
10 Memonitor pelaksanaan kegiatan akademik dan administrasi pendidikan program studi
11 Mengevaluasi kegiatan program studi
12 Melakukan koordinasi terkait akademik dengan Ketua Jurusan Sosiologi
13 Membuat perencanaan kerja tahunan program studi
14 Melaporkan kegiatan secara berkala kepada Ketua Jurusan Sosiologi
4 UNIT JAMINAN MUTU 1 Penyusunan dokumen (Spesifikasi Program Studi (SP), Manual Prosedur (MP), Instruksi Kerja (IK), yang sesuai dengan Standar Akademik, Manual Mutu Akademik dan Manual Prosedur di tingkat fakultas);
2 Penyusunan Laporan Evaluasi Diri Jurusan Sosiologi ;
3 Penyiapan Audit Internal Mutu Akademik (AIMA);
4 Peningkatan mutu Jurusan Sosiologi berkelanjutan berdasarkan rumusan koreksi.
5 Berkoordinasi dengan bidang alumni fakultas melakukan penelusuran lulusan dan pengguna lulusan
6 Membantu unit-unit di Jurusan Sosiologi membuat instrumen umpan balik
a. Ketua 1) Melaksanakan koordinasi, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh anggota. Nike Kusumawanti
2) Bersama anggota menyusun Standar Penjaminan Mutu program studi dalam melaksanakan tugas dan fungsi penyelenggaraan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) di Program Studi
3) Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas UJM Prodi dan melaporkannya kepada Ketua Jurusan Sosiologi
 b. Sekretaris 1) Membantu Ketua UJM dalam perencanaan, koordinasi, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan jaminan mutu program studi. Ayu Kusumastuti
2) Bertanggung jawab dalam pelaksanaan surat-menyurat yang berkaitan dengan UJM Program Studi dan mengarsipkannya
3) Bertanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan dan hasil agenda rapat rutin, rapat koordinasi dan rapat evaluasi kegiatan jaminan mutu.
4) Bertanggung jawab kepada Ketua UJM Program Studi
5) Membantu Ketua Jurusan dan atau Sekretaris Jurusan dalam sosialisasi dan implementasi dokumen UJM
 c. Anggota 1) Bersama tim UJM membantu administrasi pembuatan dokumen mutu akademik Jurusan Indhar Wahyu
2) Membantu menyusun kelengkapan dokumen mutu UJM Anik S
3) Menginventarisasi data dalam kaitannya dengan implementasi dokumen UJM Nyimas NI
4) Melakukan tugas lain sehubungan dengan UJM
5 KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL 1 Menyusun rencana operasional dan  pengembangan Kelompok keahlian 6 Kelompok Studi
2 Merencanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam kelompok keahlian
3 Melakukan pembinaan kepada anggota kelompok dalam rangka pengembangan keilmuan yang spesifik
4 Melaporkan kegiatan kelompok sekurang-kurangnya setiap semester kepada Ketua Jurusan
5 Mengarahkan kelompok keahlian untuk dapat mengelola mata kuliah spesifik sesuai dengan bidang keahlian masing-masing anggota
6 ADMINISTRASI JURUSAN
1. Admistrasi Akademik 1 Mempersiapkan pelaksanaan Ujian (seminar proposal, sidang komisi, skripsi, thesis, disertasi) Sandy
2 Memproses berkas usulan (blangko pengajuan/persetujuan) Tim pembimbing/promotor & penguji ke Jurusan Titris
3 Memproses SK. Dekan tentang Tim Promotor, pembimbing dan Penguji
4 Memproses undangan dan berkas ujian proposal, seminar, sidang komisi (Pasca), dan ujian akhir
5 Memverifikasi persyaratan ujian kualifikasi, Sidang Komisi, Proposal, Seminar dan Ujian (pasca)
6 Mempersiapkan pelaksanaan yudisium & wisuda (S2 & S3)
7 Menerima berkas persyaratan yudisium/wisuda dan melaporkan ke akademik FP
8 Menerima dan mengarsipkan nilai UTS, UAS, dan Ujian Akhir
9 Mendata dan merekap perkembangan studi untuk evaluasi mahasiswa
10 Memproses surat pengembalian ke Instansi bagi mahasiswa yang sudah lulus (pasca)
11 Mempersiapkan berkas pelaksanaan Ujian Akhir dan Ujian Terbuka (S3)
12 Membuat surat-surat perijinan penelitian, magang, praktikum mahasiswa
13 Memverifikasi trasnskrip nilai mahasiswa sesuai dengan kurikulum
14 Menerima dan memverifikasi berkas daftar ulang mahasiswa baru dan lama
15 Mengarsipkan berkas-berkas perkembangan studi mahasiswa
16 Membantu pelaksanaan UTS dan UAS
17 Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan
2. Administrasi Keuangan 1 Membuat daftar dan membayarkan honorarium panitia, kegiatan lainnya
2 Membantu menyusun rencana anggaran rutin (DPP) bulanan dan tahunan
3 Membuat laporan pertanggungjawaban dana rutin dan lain-lain secara berkala
4 Membuat dan memproses SPJ guna pencairan dana ke keuangan fakultas
5 Mengambil dana rutin / dana lain ke Fakultas dan Universitas
6 Memproses surat-surat administrasi keuangan (pengajuan, pencairan dana)
7 Membantu pelaksanaan UTS dan  UAS
8 Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan
3. Administrasi Umum dan Perlengkapan 1 Memproses surat-surat dinas
2 Membuat/mengetik konsep surat-surat (undangan, rapat, keterangan kuliah,ijin penelitian, dll)
3 Mendistribusikan dan mengarsipkan surat masuk dan keluar sesuai dengan isi surat
4 Mengarsipkan dan mendistribusikan Surat Keputusan Dekan (Tim Promotor, Pembimbing, Penguji, dan lulus kualifikasi) dan surat dinas lainnya
5 Menerima/mengirimkan/mengarsipkan dokumen dosen dan tendik terkait dengan kepegawaian
6 Membuat surat permintaan pengadaan sarana dan prasarana ke fakultas
7 Mendata dan membelanjakan kebutuhan barang sesuai kebutuhan dan ketersediaan dana
8 Membuat pembukuan/laporan (pembelian dan pemakaian) barang-barang, ATK
9 Menpersiapkan kegiatan rapat, tamu, ujian (daftar hadir, konsumsi, dll)
10 Melakukan inventarisasi sarana dan prasarana
11 Membantu pelaksanaan daftar ulang mahasiswa baru dan lama
12 Menerima dan memverifikasi persyaratan daftar ulang mahasiswa
13 Merekap mahasiswa yang daftar ulang dan yang tidak daftar ulang
14 Mengelola website Jurusan Sosiologi
15 Membantu pelaksanaan UTS dan UAS
16 Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Ketua Jurusan
6 Pengelola Website 1 Membuat dan mengelola website Jurusan Sosiologi Lutfi Amirruddin
2 Bertanggungjawab penuh dengan isi web
3 Selalu memperbarui informasi yang ada di website jurusan
4 Berkoordinasi dengan tim UJM dalam memasukkan informasi-informasi layanan berkaitan dengan mahasiswa dan Jurusan Sosiologi
5 Memperbaiki tampilan web jika dibutuhkan dan meningkatkan fungsi didalamnya
6 Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan, anggaran dan lain-lain secara berkala
7 Selalu berkoordinasi dengan Ketua Jurusan berkaitan dengan tugas
7 Pengelola Pusat Dokumentasi Sosial 1 Mengarsipkan dan mengelola setiap data dari hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh mahasiswa dan dosen Dewi PR
2 Mengelola ruang baca Jurusan Sosiologi
3 Mendata, melabel dan menjaga koleksi buku, jurnal, monografi dan karya ilmiah lain yang ada di ruang baca Jurusan Sosiologi
4 Mendijitalkan hasil-hasil penelitian mahasiswa (laporan praktikum, PKN/KKN dan skripsi). Dan membangun sistem keamanan dokumen karya ilmiah.
5 Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan, anggaran dan lain-lain secara berkala
6 Selalu berkoordinasi dengan Ketua Jurusan berkaitan dengan tugas
No AKTIVITAS REGULER S1 TUGAS PIC
1 TIM PENDUKUNG PRAKTIKUM 1 Merencanakan kegiatan praktikum dari mata kuliah berpraktikum di program sarjana Nyimas
2 Menyiapkan jadwal kegiatan praktikum
3 Mengkoordinasi para asisten praktikum (mahasiswa) bersama dosen mata kuliah
4 Membuat evaluasi kepuasan pengguna
5 Membuat instrumen evaluasi asisten praktikum
6 Membuat evaluasi dan laporan kegiatan
2 TIM OUTLINE SKRIPSI DAN ANTIPLAGIARISME 1 Menyeleksi setiap outline proposal skripsi mahasiswa (S1) untuk kemudian diajukan ke Ketua Jurusan untuk ditetapkan pembimbing skripsi ybs. Slamet Tohari
2 Mengkoordinasi dosen terkait untuk membimbing mahasiwa dalam membuat outline skripsi
3 Mendata beban kerja dosen dalam melakukan bimbingan skripsi
4 Berkoordinasi langsung dengan ketua program studi S1
5 Membuat evaluasi kepuasan pengguna
6 Melaporkan secara berkala kegiatan yang dilakukan
3 TIM PERCEPATAN STUDI MAHASISWA 1 Mengkoordinasi tiap mahasiswa tingkat akhir supaya dapat segera menyelesaikan studinya Anik Susanti
2 Mengirm perkembangan studi mahasiswa secara reguler ke ketua prodi, ketua jurusan dan orang tua mahasiswa
3 Berkoordinasi langsung dengan ketua program studi S1
Membuat tim yang terdiri dari dosen dan asisten dosen
4 Membuat evaluasi kepuasan pengguna
5 Melaporkan secara berkala kegiatan yang dilakukan
4 TIM PENDUKUNG PKN/KKN 1 Membuat sosialisasi program PKN/KKN yang dilakukan prodi S1 ke mahasiswa yang akan menempuh MK PKN/KKN Dhanny SS
2 Melakukan kegiatan pelatihan kepada mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebelum menjalankan kegiatan PKN/KKN Yogi EF
3 Membuat jadwal pelaksanaan, penempatan dan menentukan dosen pembimbing lapangan untuk kegiatan PKN/KKN
4 Mengkoordinasi dosen dalam melakukan presentasi ujian PKN/KKN
5 Berkoordinasi langsung dengan ketua program studi S1
6 Membuat evaluasi kepuasan pengguna
7 Melaporkan secara berkala kegiatan yang dilakukan
5 TIM PENGEMBANGAN KURIKULUM S1 1 Melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala pelaksanaan kurikulum/mata kuliah Iwan N
2 Membuat capaian pembelajaran (learning outcome) Imron
3 Memastikan dosen pengampu telah membuat RPS sesuai dengan ketentuan dan capaian pembelajaran
4 Berkoordinasi langsung dengan ketua jurusan/ketua program studi sarjana
5 Mengevaluasi dan melaporkan secara berkala kegiatan yang dilakukan
No KEPANITIAAN KEGIATAN TUGAS PIC
1 KEPANITIAAN PENINGKATAN KAPASITAS MAHASISWA 1 Membuat pelatihan-pelatihan berkaitan dengan studi mahasiswa (Sarjana dan Pascasarjana) Nyimas NI
2 Mengkoordinasi mahasiswa untuk mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut
3 Membuat laporan kegiatan dan keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
4 Berkoordinasi dengan RG atau dosen atau yang ahli berkaitan dengan materi pelatihan yang akan disampaikan
5 Membuat evaluasi kepuasan pengguna
6 Berkoordinasi langsung dengan Ketua Jurusan
7 Mengevaluasi dan melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan
2 KEPANITIAAN PENGEMBANGAN SUASANA AKADEMIS dan kapasitas Dosen 1 membuat kegiatan seperti diskusi, kuliah tamu, workshop umum untuk membangun iklim akademik di Jurusan Sosiologi dan mempercepat studi dosen Titi F
2 Membuat laporan kegiatan dan keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku Lutfi A
3 Membuat evaluasi kepuasan pengguna layanan
4 Berkoordinasi langsung dengan Ketua Jurusan
5 Mengevaluasi dan melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan
3 KEPANITIAAN RESEARCH DAY 1 Membuat kegiatan untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen, mahasiswa baik didalam maupun diluar lingkup Jurusan Sosiologi Lutfi A
2 Mengundang para peneliti untuk ikut serta dalam kegiatan
3 Mengkoordinasi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan tersebut
4 Membuat laporan kegiatan dan keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
5 Menyebarkan kuisioner kepuasan layanan
6 Berkoordinasi langsung dengan Ketua Jurusan
7 Mengevaluasi dan melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan
4 KEPANITIAAN ORASI ILMIAH 1 Membuat kegiatan orasi ilmiah yang mengundang tokoh
2 Membuat laporan kegiatan dan keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku Anton N
3 Membuat kepanitian berkait dengan tujuan
4 Menyebarkan kuisioner kepuasan layanan
5 Selalu berkoordinasi langsung dengan Ketua Jurusan
6 Mengevaluasi dan melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan
5 Hearing Berkoordinasi dengan Himpunan Mahasiswa untuk membuat Hearing dengan mahasiswa membahas berbagai permasalahan yang terkait dengan akademik Yogi EF
Mengundang pihak prodi/jurusan atau fakultas terkait dengan permasalahan yang muncul dalam kegiatan tersebut
Membuat laporan kegiatan dan keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
Membuat evaluasi kepuasan pengguna
Berkoordinasi langsung dengan Ketua Jurusan
Mengevaluasi dan melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan
6 Rapat Kerja Jurusan Menyiapkan pelaksanaan Rapat Kerja (evaluasi dan program kerja) yang dilakukan oleh Jurusan Sosiologi Ucca A
Mengkoordinasi dosen untuk mengikuti kegiatan Raker Jurusan Yogi EF
Membuat laporan kegiatan dan keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
Berkoordinasi langsung dengan Ketua Jurusan
Mengevaluasi dan melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan
7 TIM KERJASAMA DAN KOORDINASI RG 1 Membuat kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat A.Imron R
2 Mengkoordinasikan kelompok jabatan fungsional dosen untuk kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat Ucca A
3 Berkoordinasi langsung dengan ketua jurusan
4 Mengevaluasi dan melaporkan secara berkala kegiatan yang dilakukan
8 TIM JURNAL 1 Koordinasi pembuatan jurnal Jurusan Indhar WW
2 Membuat struktur sesuai dengan ketentuan  dan menjalankan struktur organisasi jurnal I Wayan S
3 Membuat jurnal online terakreditasi
4 Menjalankan sistem online jurnal secara berkala
5 Berkoordinasi langsung dengan ketua jurusan
6 Mengevaluasi dan melaporkan secara berkala kegiatan yang dilakukan
9 Kepanitiaan Seminar Akhir Tahun 1 Mengadakan kegiatan-kegiatan ilmiah akhir tahun yang menunjang pengembangan suasana akademis A. Imron R
2 Mengundang tokoh-tokoh/ilmuwan berkaitan dengan tema yang ditetapkan
3 Membuat kepanitiaan berkaitan dengan kegiatan
4 Berkoordinasi langsung dengan ketua jurusan
BST/Seri Pemikiran 5 Mengevaluasi dan melaporkan secara berkala kegiatan yang dilakukan