Struktur Organisasi

Struktur Jurusan201nov

BIDANG KERJA TUPOKSI
1 KETUA JURUSAN 1 Menyusun rencana dan program kerja Program Studi sebagai pedoman kerja;
2 Membuat konsep rencana pengembangan Jurusan sebagai bahan masukan Dekan (studi lanjut, pelatihan staf/pengajar, laboran dan staf administrasi, pelatihan soft skill mahasiswa);
3 Menyusun rencana kegiatan atau program kerja Jurusan Sosiologi
4 Membimbing dan menilai kegiatan kemahasiswaan di lingkungan Jurusan Sosiologi untuk bahan pengembangan;
5 Memantau dan mengevaluasi pembuatan GBPP, SAP pengajaran;
6 Menyusun/mengevaluasi beban tugas mengajar dosen setiap semester;
7 Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan perkuliahan untuk meningkatkan mutu Program Studi;
8 Mengajukan usul penugasan Dosen Wali atau Penasihat Akademik kepada Dekan;
9 Menyusun rencana biaya operasional Jurusan Sosiologi per tahun berdasarkan beban kerja dan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran kegiatan perkuliahan;
10 Menyusun rencana kebutuhan dosen dan tenaga administrasi Jurusan Sosiologi;
11 Mengkoordinir dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan beban tugas dan keahliannya;
12 Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Jurusan Sosiologi sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas kepada Dekan.
13 Melaporkan kegiatan secara berkala kepada Dekan
14 Mengembangkan hubungan baik dan kerjasama dengan pemangku kepentingan
2 SEKRETARIS JURUSAN 1 Membantu Ketua Jurusan menyusun bahan konsep rencana dan program kerja tahunan Jurusan Sosiologi sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
2 Membantu Ketua Jurusan menyusun bahan konsep rencana dan koordinasi untuk pengembangan SDM Jurusan Sosiologi (studi lanjut, Pelatihan staf/pengajar, asisten dosen dan staf administrasi, pelatihan soft skill mahasiswa)
3 Mengkoordinasikan kegiatan proses belajar mengajar bersama dengan Kelompok Dosen Keahlian/Kelompok Jabatan Fungsional Dosen; (bersama Prodi)
4 Mengkoordinasikan penyusunan dan pengembangan kurikulum dan pembuatan RKP/RPKPS/SAP berdasarkan ketentuan yang berlaku bersama dengan Kelompok Dosen Keahlian/Kelompok Jabatan Fungsional Dosen;
5 Mengkoordinir ketatausahaan Jurusan Sosiologi
6 Menyusun jadwal perkuliahan di tingkat Jurusan Sosiologi
Bersama Prodi memantau kemajuan studi mahasiswa dan membuat penanganan khusus, jika dibutuhkan, berkaitan dengan kemajuan studi mahasiswa
7 Mengkoordinasi kegiatan di Laboratorium Sosiologi
8 Menyusun basis data akademik kemahasiswaan di Jurusan Sosiologi
9 Menyusun basis data kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dosen dan laboratorium di Jurusan Sosiologi
10 Bersama tim UJM mengkoordinasi pembuatan Tinjauan Manajemen
11 Bersama tim UJM, memonitor dan mengevaluasi implementasi dokumen mutu akademik di tingkat Jurusan
3 KETUA PROGRAM STUDI  (SARJANA, MAGISTER DAN DOKTOR) 1 Membantu penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran berdasarkan satuan rencana belajar dan kurikulum
2 Mengontrol pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
3 Merumuskan standar mutu pendidikan Program Studi Sarjana, Magister dan atau Doktor yang diselenggarakan oleh Jurusan Sosiologi
4 Mengkoordinasi para pengampu Mata Kuliah untuk membuat GBPP/SAP Pengajaran
5 Melaksanakan koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan praktikum, PKN/KKN
6 Melakukan pengembangan keilmuan serta kurikulum program studi
7 Mengkoordinasikan  pelaksanaan ujian dan pengumpulan soal ujian;
8 Memantau kemajuan studi mahasiswa;
9 Mengkoordinir pelaksanaan konsultasi mahasiswa dengan pembimbing akademis;
10 Memonitor pelaksanaan kegiatan akademik dan administrasi pendidikan program studi
11 Mengevaluasi kegiatan program studi
12 Melakukan koordinasi terkait akademik dengan Ketua Jurusan Sosiologi
13 Membuat perencanaan kerja tahunan program studi
14 Melaporkan kegiatan secara berkala kepada Ketua Jurusan Sosiologi
4 UNIT JAMINAN MUTU 1 Penyusunan dokumen (Spesifikasi Program Studi (SP), Manual Prosedur (MP), Instruksi Kerja (IK), yang sesuai dengan Standar Akademik, Manual Mutu Akademik dan Manual Prosedur di tingkat fakultas);
2 Penyusunan Laporan Evaluasi Diri Jurusan Sosiologi ;
3 Penyiapan Audit Internal Mutu Akademik (AIMA);
4 Peningkatan mutu Jurusan Sosiologi berkelanjutan berdasarkan rumusan koreksi.
5 Berkoordinasi dengan bidang alumni fakultas melakukan penelusuran lulusan dan pengguna lulusan
6 Membantu unit-unit di Jurusan Sosiologi membuat instrumen umpan balik
a. Ketua 1) Melaksanakan koordinasi, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh anggota.
2) Bersama anggota menyusun Standar Penjaminan Mutu program studi dalam melaksanakan tugas dan fungsi penyelenggaraan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) di Program Studi
3) Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas UJM Prodi dan melaporkannya kepada Ketua Jurusan Sosiologi
 b. Sekretaris 1) Membantu Ketua UJM dalam perencanaan, koordinasi, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan jaminan mutu program studi.
2) Bertanggung jawab dalam pelaksanaan surat-menyurat yang berkaitan dengan UJM Program Studi dan mengarsipkannya
3) Bertanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan dan hasil agenda rapat rutin, rapat koordinasi dan rapat evaluasi kegiatan jaminan mutu.
4) Bertanggung jawab kepada Ketua UJM Program Studi
5) Membantu Ketua Jurusan dan atau Sekretaris Jurusan dalam sosialisasi dan implementasi dokumen UJM
 c. Anggota 1) Bersama tim UJM membantu administrasi pembuatan dokumen mutu akademik Jurusan
2) Membantu menyusun kelengkapan dokumen mutu UJM
3) Menginventarisasi data dalam kaitannya dengan implementasi dokumen UJM
4) Melakukan tugas lain sehubungan dengan UJM
5 KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL 1 Menyusun rencana operasional dan  pengembangan Kelompok keahlian
2 Merencanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam kelompok keahlian
3 Melakukan pembinaan kepada anggota kelompok dalam rangka pengembangan keilmuan yang spesifik
4 Melaporkan kegiatan kelompok sekurang-kurangnya setiap semester kepada Ketua Jurusan
5 Mengarahkan kelompok keahlian untuk dapat mengelola mata kuliah spesifik sesuai dengan bidang keahlian masing-masing anggota
6 ADMINISTRASI JURUSAN
1. Admistrasi Akademik 1 Mempersiapkan pelaksanaan Ujian (seminar proposal, sidang komisi, skripsi, thesis, disertasi)
2 Memproses berkas usulan (blangko pengajuan/persetujuan) Tim pembimbing/promotor & penguji ke Jurusan
3 Memproses SK. Dekan tentang Tim Promotor, pembimbing dan Penguji
4 Memproses undangan dan berkas ujian proposal, seminar, sidang komisi (Pasca), dan ujian akhir
5 Memverifikasi persyaratan ujian kualifikasi, Sidang Komisi, Proposal, Seminar dan Ujian (pasca)
6 Mempersiapkan pelaksanaan yudisium & wisuda (S2 & S3)
7 Menerima berkas persyaratan yudisium/wisuda dan melaporkan ke akademik FP
8 Menerima dan mengarsipkan nilai UTS, UAS, dan Ujian Akhir
9 Mendata dan merekap perkembangan studi untuk evaluasi mahasiswa
10 Memproses surat pengembalian ke Instansi bagi mahasiswa yang sudah lulus (pasca)
11 Mempersiapkan berkas pelaksanaan Ujian Akhir dan Ujian Terbuka (S3)
12 Membuat surat-surat perijinan penelitian, magang, praktikum mahasiswa
13 Memverifikasi trasnskrip nilai mahasiswa sesuai dengan kurikulum
14 Menerima dan memverifikasi berkas daftar ulang mahasiswa baru dan lama
15 Mengarsipkan berkas-berkas perkembangan studi mahasiswa
16 Membantu pelaksanaan UTS dan UAS
17 Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan
2. Administrasi Keuangan 1 Membuat daftar dan membayarkan honorarium panitia, kegiatan lainnya
2 Membantu menyusun rencana anggaran rutin (DPP) bulanan dan tahunan
3 Membuat laporan pertanggungjawaban dana rutin dan lain-lain secara berkala
4 Membuat dan memproses SPJ guna pencairan dana ke keuangan fakultas
5 Mengambil dana rutin / dana lain ke Fakultas dan Universitas
6 Memproses surat-surat administrasi keuangan (pengajuan, pencairan dana)
7 Membantu pelaksanaan UTS dan  UAS
8 Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan
3. Administrasi Umum dan Perlengkapan 1 Memproses surat-surat dinas
2 Membuat/mengetik konsep surat-surat (undangan, rapat, keterangan kuliah,ijin penelitian, dll)
3 Mendistribusikan dan mengarsipkan surat masuk dan keluar sesuai dengan isi surat
4 Mengarsipkan dan mendistribusikan Surat Keputusan Dekan (Tim Promotor, Pembimbing, Penguji, dan lulus kualifikasi) dan surat dinas lainnya
5 Menerima/mengirimkan/mengarsipkan dokumen dosen dan tendik terkait dengan kepegawaian
6 Membuat surat permintaan pengadaan sarana dan prasarana ke fakultas
7 Mendata dan membelanjakan kebutuhan barang sesuai kebutuhan dan ketersediaan dana
8 Membuat pembukuan/laporan (pembelian dan pemakaian) barang-barang, ATK
9 Menpersiapkan kegiatan rapat, tamu, ujian (daftar hadir, konsumsi, dll)
10 Melakukan inventarisasi sarana dan prasarana
11 Membantu pelaksanaan daftar ulang mahasiswa baru dan lama
12 Menerima dan memverifikasi persyaratan daftar ulang mahasiswa
13 Merekap mahasiswa yang daftar ulang dan yang tidak daftar ulang
14 Mengelola website Jurusan Sosiologi
15 Membantu pelaksanaan UTS dan UAS
16 Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Ketua Jurusan
6 Pengelola Website 1 Membuat dan mengelola website Jurusan Sosiologi
2 Bertanggungjawab penuh dengan isi web
3 Selalu memperbarui informasi yang ada di website jurusan
4 Berkoordinasi dengan tim UJM dalam memasukkan informasi-informasi layanan berkaitan dengan mahasiswa dan Jurusan Sosiologi
5 Memperbaiki tampilan web jika dibutuhkan dan meningkatkan fungsi didalamnya
6 Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan, anggaran dan lain-lain secara berkala
7 Selalu berkoordinasi dengan Ketua Jurusan berkaitan dengan tugas
7 Pengelola Pusat Dokumentasi Sosial 1 Mengarsipkan dan mengelola setiap data dari hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh mahasiswa dan dosen
2 Mengelola ruang baca Jurusan Sosiologi
3 Mendata, melabel dan menjaga koleksi buku, jurnal, monografi dan karya ilmiah lain yang ada di ruang baca Jurusan Sosiologi
4 Mendijitalkan hasil-hasil penelitian mahasiswa (laporan praktikum, PKN/KKN dan skripsi). Dan membangun sistem keamanan dokumen karya ilmiah.
5 Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan, anggaran dan lain-lain secara berkala
6 Selalu berkoordinasi dengan Ketua Jurusan berkaitan dengan tugas