Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Sosiologi Brawijaya

TUGAS KETUA JURUSAN/ PROGRAM STUDI

  1. Menyusun rencana dan program kerja Program Studi sebagai pedoman kerja;
  2. Membuat konsep rencana pengembangan Program Studi sebagai bahan masukan Dekan (studi lanjut, pelatihan staf/pengajar, laboran dan staf administrasi, pelatihan soft skill mahasiswa);
  3. Membimbing dan menilai kegiatan kemahasiswaan di lingkungan Program Studi untuk bahan pengembangan;
  4. Mengkoordinasikan penyelenggaraan pendidikan/akademik program sarjana dalam Program Studi;
  5. Mengkoordinasikan pembuatan GBPP, SAP pengajaran;
  6. Menyusun/mengevaluasi beban tugas mengajar dosen setiap semester;
  7. Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan perkuliahan untuk meningkatkan mutu Program Studi;
  8. Mengkoordinasikan pelaksanaan ujian dan pengumpulan soal ujian;
  9. Mengajukan usul penugasan Dosen Wali atau Penasihat Akademik kepada Dekan;
  10. Mengkoordinir pelaksanaan konsultasi mahasiswa dengan pembimbing akademis;
  11. Menyusun rencana biaya operasional program studi per tahun berdasarkan beban kerja program Studi dan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran kegiatan perkuliahan;
  12. Menyusun rencana kebutuhan dosen dan tenaga administrasi jurusan;
  13. Mengkoordinir dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan beban tugas dan keahliannya;
  14. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Program Studi sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.

 

TUGAS SEKRETARIS JURUSAN/PROGRAM STUDI :

  1. Membantu menyusun bahan konsep rencana dan program kerja tahunan Program Studi sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membantu menyusun bahan konsep rencana pengembangan Program Studi (studi lanjut, Pelatihan staf/pengajar, laboran dan staf administrasi, pelatihan soft skill mahasiswa)
  3. Membantu membuat pembagian tugas perkuliahan dan beban mengajar dosen;
  4. Mengkoordinasikan penyusunan konsep GBPP dan SAP berdasarkan ketentuan yang berlaku;
  5. Menyusun instrumen monitoring pelaksanaan perkuliahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  6. Memantau kemajuan studi mahasiswa;
  7. Mengumpulkan nilai akhir semester;
  8. Mengkoordinasi mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhir dengan dosen pembimbing untuk kelancaran tugas akademik;
  9. Menyusun rencana pelaksanaan pratikum;
  10. Mengkoordinir ketatausahaan Program Studi dan menghimpun dokumen yang berkaitan dengan Program Studi;
  11. Menyusun konsep laporan pelaksanaan kegiatan Program Studi berdasarkan data dan informasi.

 

TUGAS KETUA LABORATORIUM SOSIOLOGI :

  1. Bertanggung jawab terhadap inventaris alat dan Bahan praktikum;
  2. Menyusun rencana dan program kerja atau kegiatan laboratorium/studio;
  3. Mengkoordinir, mengatur dan mempersiapkan penggunaan laboratorium untuk pratikum dan penelitian;
  4. Menyusun petunjuk teknis (SOP) penggunaan laboratorium;
  5. Menyusun rencana pengadaan, perawatan peralatan laboratorium, berupa:
  6. Mengajukan usulan bahan dan alat yang dibutuhkan tiap semester kepada Dekan melalui Ketua Program Studi;
  7. Melaporkan kerusakan, kehilangan dan kekurangan–kekurangan fasilitas yang berada dibawah tanggung jawab ketua laboratorium kepada Ketua Program Studi;
  8. Melakukan koordinasi pengembangan ilmu pada bidang kajian tertentu melalui kegiatan penelitian;
  9. Berhak menolak permintaan pemakaian laboratorium diluar ketentuan yang berlaku;
  10. Menyusun laporan pengelolaan laboratorium secara periodik.

 

Tugas Koordinator Divisi Dokumentasi Sosial :

  1. Melakukan koordinasi untuk pengumpulan naskah jurnal
  2. Melakukan koordinasi review naskah jurnal.
  3. Melakukan koordinator penerbitan jurnal

 

Tugas Koordinator Divisi Brawijaya Sociological Thought (BST) :

  1. Melakukan koordinasi kegiatan diskusi rutin internal dosen yang bernama “Soziologue” dan dilaksanakan setiap 1 bulan sekali.
  2. Melakukan koordinasi kegiatan diskusi tentang publikasi penelitian dosen yang bernama “Colloqium” dan dilaksanakan setiap 2 bulan sekali.
  3. Melakukan koordinasi kegiatan tentang kompetisi penelitian mahasiswa dan tugas praktikum film terbaik yang bernama “Research Day” dan dilaksanakan setiap 1 tahun sekali pada saat penerimaan mahasiswa baru.
  4. Melakukan koordinasi kegiatan diskusi yang mengundang pembicara di luar jurusan yang bernama “Brawijaya Sociological Thougt Series” dan dilaksanakan setiap 2 bulan sekali.

Tugas Koordinator Pusat Kajian Ecodesain dan Pemberdayaan Masyarakat (PUSCODAS) :

  1. Mengembangkan penelitian-penelitian sosial terapan
  2. Membangun dan mengelola kerjasama penelitian terapan dengan institusi-institusi lain
  3. Menyelenggarakan peningkatan mutu peneliti dan penelitian dalam bentuk kerjasama, Pertukaran peneliti dan kerjasama penelitian
  4. Melakukan publikasi riset berupa newsletter, working paper, jurnal (secara berkala) dan buku baik dalam bentuk cetak maupun on-line
  5. Desiminasi hasil penelitian melalui berbagai kegiatan penelitian terapan
  6. Menginisiasikan keahlian minor para dosen sosiologi dalam rangka mengembangkan produktifitas dosen dalam bidang penelitian

 

TUGAS UJM ADALAH MEMBANTU SEKERTARIS JURUSAN DALAM PENINGKATAN MUTU MELALUI :

  1. Penyusunan dokumen (Spesifikasi Program Studi (SP), Manual Prosedur (MP), Instruksi Kerja (IK), yang sesuai dengan Standar Akademik, Manual Mutu Akademik dan Manual Prosedur di tingkat fakultas);
  2. Penyusunan Laporan Evaluasi Diri Jurusan dan EPSBED (Laporan Elektronik Evaluasi Diri Program Studi Berbasis Evaluasi Diri) PS tiap semester;
  3. Penyiapan Audit Internal Mutu Akademik (AIMA);
  4. Peningkatan mutu jurusan berkelanjutan berdasarkan rumusan koreksi.

 

DOSEN

Dosen adalah tenaga pengajar yang mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;
  2. Merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran;
  3. Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, tekhnologi, dan seni;
  4. Bertindak obyektif dan tidak diskriminatif atas pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu, atau latar belakang sosio ekonomi peserta didik dalam pembelajaran;
  5. Menjunjung tinggi Peraturan perundang-undangan, hukum, dan kode etik, serta nilai-nilai agama dan etika;
  6. Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.