Visi Misi

  • Visi Jurusan Sosiologi:

“Menjadi jurusan unggul  yang berperan aktif bagi pengembangan masyarakat melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian serta menjadi pusat informasi ilmiah di bidang sosiologi dengan berbasis kearifan sosial dan budaya”

 

  • Misi Jurusan Sosiologi:

Dalam upaya mewujudkan Visi tersebut Jurusan Sosiologi FISIP-UB memiliki Misi sebagai berikut:

  1. Mewujudkan Jurusan sebagai pusat unggulan di bidang Sosiologi Pembangunan, Lingkungan dan Media yang berstandar internasional Sebagai suatu proses bagi upaya menuju world class university, sejalan dengan misi Universitas Brawijaya maka Jurusan Sosiologi juga terus berupaya mampu menggarahkan bagi pencapaian standar nasional dan secara bertahap menuju standar internasional
  2. Mewujudkan fungsi dan tata kelola jurusan dalam menghasilkan lulusan yang kompeten, mandiri dan berdaya saing di bidang Sosiologi. Dalam proses tata kelola dan fungsi organisasi jurusan, maka diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, mandiri dan berdaya saing sehingga mampu berkompetisi di pasar dan memiliki kemampuan pengembangan.
  3. Mengoptimalkan sistem perkuliahan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang adaptif dan sensitif terhadap perkembangan ilmu dan teknologi berbasis komitmen moral, spiritual dan berjiwa entrepreneur. Proses belajar mengajar merupakan core business dari Jurusan Sosiologi, oleh karenanya dalam pelaksanaan proses tersebut harus selalu mengikuti perkembangan kontemporer keilmuan disamping secara aksiologis memberikan mamfaat sebesar-besarnya bagi pembangunan masyarakat.
  4. Mengembangkan kajian, publikasi ilmiah dan penerapannya di bidang sosiologi dan lintas disiplin ilmu serta mengupayakan pemanfaaannya dalam proses pembangunan nasional. Proses pengembangan institusi/kelembagaan di Jurusan Sosiologi diarahkan secara integratif agar proses pembelajaran melalui pendidikan, penelitian dan penngabdian masyarakat selaras dan sinergi dalam upaya mendukung tujuan pembangunan nasional.
  5. Mewujudkan pusat layanan dokumentasi sosial sebagai sarana pengembangan masyarakat berbasis kearifan social dan budaya (local wisdom).
  6. Mengembangkan kemitraan strategis dengan stakeholders dalam pendidikan, penelitian/riset dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan profesional.