Workshop Asisten Praktikum Sosiologi Semester Ganjil 2014

Untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan asisten praktikum dalam proses pendampingan dan belajar mengajar siswa, Jurusan Sosiologi mengadakan workshop/pelatihan asisten praktikum di Griya Inklusi galuh Handayani Jln. Samadi no. 16 Kota Batu pada 6 hingga 7 September 2014. Workshop tersebut dihadiri oleh 21 asisten parktikum dari berbagai mata kuliah, asisten dosen dan dosen pengampu mata kuliah berpraktikum.

Workshop ini berfungsi sebagai penguatan kapasitas dan pengetahuan asisten praktikum untuk mendampingi adik kelas dalam proses belajar dan praktikum lapangan. Pendampingan yang nantinya dilakukan asisten praktikum diantaranya pembuatan proposal penelitian, turun lapang & pengambilan data serta penulisan laporan penelitian. Oleh karenanya,  diperlukan kemampuan asisten praktikum untuk dapat menjadi mitra diskusi dan menjadi bagian dari fasilitasi belajar mahasiswa. Beberapa mata kuliah yang dijadikan sebagai mata kuliah dengan muatan praktikum dan terdapat asisten praktiku, di antaranya SAS (Sociological Academic Skill), Metode Penelitian Sosial, Sosiologi Desa Kota, Mata Kuliah Konsentrasi Pembangunan dan Mata Kuliah Konsentrasi Lingkungan.

 

10484923_787928484563278_714198225022593348_n

Suasana Workshop Asisten Praktikum Sosiologi Semester Ganjil 2014

Dalam workshop tersebut, asisten praktikum diberikan materi tentang penguatan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Di dalamnya terdapat materi tentang statistik, SPSS, analisa data kualitatif, dan pengayaan materi-materi perkuliahan.