Lokakarya Kurikulum Prodi S3 Sosiologi

Perguruan Tinggi (PT) harus kreatif dalam menyusun kurikulum guna menghadapi era industri 4.0. Karena perubahan masyarakat akan semakin cepat karena teknologi. Penjelasan itu dikemukakan Dr. Linda Darmajanti, M.T, Senin (8/7/2019) pada Lokakarya Kurikulum Program Studi Doktor Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya.

Suasana Lokakarya Kurikulum S3 Sosiologi

Kurikulum kreatif itu disampaikannya, harus berhubungan dan berkesinambungan antara S-1, S-2 dan S-3. Tetapi tetap dengan tingkat kedalaman berbeda. Namun, anggota assesor BAN PT itu mengingatkan, kurikum yang bagus itu juga harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat kita yang masih sangat beragam.

“Disaat kita bicara industri 4.0 disini, kenyataannya masih ada saudara kita yang berada di 1.0. Bahkan orang modern masih percaya kepada paranormal,” ujarnya. Kalau pakar ilmu pasti bicara tentang teknologi digital, menurutnya, bidang sosial tentu harus mengembangkan masyarakat digitalnya.

Dengan kenyataan itu, ditegaskannya, perguruan tinggi perlu melakukan inovasi sosial dengan harapan atau target minimal masyarakat kita bisa hidup layak (mon).

Artikel ini pertama kali diterbitkan oleh laman berita daring kanal24.co.id pada 8 Juli 2019.

Link

Berita Kampus

Memetakan Ruang dari Perspektif Masyarakat dengan teknik PGIS
Malang, 17 April 2025 – Laboratorium Sosiologi FISIP Universitas Brawijaya menyelenggarakan pelatihan teknik Participatory Geographic Information System (Pgis) yang dipandu oleh Lutfi...
Pelatihan Mendesain Riset untuk Mahasiswa Sosiologi Dalam Persiapan Penelitian Lapangan
Malang, 10 April 2025 – Laboratorium Sosiologi FISIP Universitas Brawijaya menyelenggarakan kegiatan pelatihan untuk mendesain riset bagi peneliti pemula yang ditujukan untuk...
Kuliah Tamu Program Studi Magister Ilmu Sosial: Intersectionality In GEDSI Research
Program Studi Magister Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya mengundang Anda untuk mengikuti kuliah tamu dengan tema “Intersectionality...