Adapun tugas pokok Ketua Program Studi S1 Sosiologi sesuai dengan Susunan Organisasi dan Tata Kerja yang telah ditetapkan oleh Rektor pada tahun 2016 dan Manual Mutu adalah sebagai berikut:
- Menyusun rencana dan program kerja Program Studi sebagai pedomankerja;
- Membuatkonsep rencana pengembangan Program Studi sebagai bahan masukan untuk Ketua Jurusan (studi lanjut, pelatihan dosen, laboran, dan tenaga kependidikan, serta pelatihan soft skill mahasiswa);
- Melaksanakan penyusunan dan pengembangan kurikulum pendidikan, silabus, dan SAPpengajaran;
- Membantu membuat pembagian tugas perkuliahan;
- Membantu menyusun konsep rencana perkuliahan dan satuan acara perkuliahan berdasarkan ketentuan yangberlaku;
- Menyusun instrumen monitoring pelaksanaan perkuliahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaantugas;
- Memantau kemajuan studimahasiswa;
- Menyusun rencana pelaksanaanpraktikum;
- Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan perkuliahan untuk meningkatkan mutu ProgramStudi;
- Mengkoordinasikan pelaksanaan ujian dan pengumpulan soalujian;
- Mengajukan usul penugasan Dosen Wali atau Penasihat Akademik kepada Ketua Jurusan;
- Mengkoordinir pelaksanaan konsultasi mahasiswa dengan pembimbingakademis;
- Mengkoordinasikan kegiatan Praktek Kerja Lapangan dan atau Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa
- Menyusunrencana biaya operasional dan pengembangan program studi per tahun berdasarkan beban kerja program studi dan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran kegiatan pendidikan;
- Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Program Studi sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan