Skip to content

[Kegiatan] Kunjungan Rombongan Program Studi Sosiologi Universitas Mataram ke Departemen Sosiologi FISIP Universitas Brawijaya

Kegiatan dilaksanakan pada Hari Senin, tanggal 4 Juli 2022. Pada pertemuan ini dibahas tiga isu utama yang menjadi capaian diskusi, yaitu masalah pertukaran mahasiswa, magang MBKM dan kerja sama antar dosen terkait publikasi penelitian dan join research.

Dilakukan pembahasan rencana kerjasama instansi, antara lain Universitas Mataram, Program Studi Sosiologi dan departemen Sosiologi FISIP Universitas Brawijaya. Rombongan dari Universitas Mataram melakukan kunjungan untuk melakukan dialog kerja sama bersama.

Hadir dalam kegiatan ini, yaitu Kaprodi Sosiologi UNRAM, Kaprodi Sosiologi Universitas Brawijaya, Ketua Departemen Sosiologi Universitas Brawijaya, Sekretaris Departemen Sosiologi Universitas Brawijaya dan jajaran Dekanat FISIP Universitas Brawijaya.

Kegiatan diawali dengan pembuka dan penyampaian kendala dan masalah yang harus diselesaikan sebelum berjalannya program untuk semester kedepannya. Dilaksanakan diskusi terbuka satu sama lain guna membangun sebuah kerja sama yang baik dan menguntungkan. Keuntungan ini tidak lain adalah memastikan terbangunnya komunikasi yang baik, program yang semakin matang dan terjaminnya mahasiswa atau dosen yang tergabung dalam program.

Pada akhir diskusi dibacakan poin-poin penting yang menjadi kesimpulan, akhir dari dialog kegiatan ini. Antara lain disebutkan:

  1. Menyamakan persepsi mata kuliah pada Program MBKM.
    Tujuannya untuk segala pendekatan dan kesamaan mata kuliah dapat diakui atau dikonversi menjadi 20 SKS. Untuk menghindarkan kerugian pada pihak terlibat, khususnya mahasiswa. Sehingga masih perlu adanya dialog (pertemuan lanjutan) untuk membahas permasalahan tersebut.
  2. Lima poin yang dapat disepakati sebagai bentuk kerja sama kedua instansi terkait.
    Hasil dari diskusi sebelumnya disimpulkan hal-hal yang dapat diupayakan pada semester depannya. Pertama, jumlah mahasiswa yang dapat melakukan pertukaran mahasiswa melalui Program MBKM. Kedua, jumlah mahasiswa yang dapat mengikuti magang pada kampus terkait. Ketiga, timeline pendanaan dari join research yang dapat diikuti mahasiswa. Keempat, kolaborasi menulis artikel atau penulisan jurnal-jurnal bereputasi yang dapat dilakukan bersama. Kelima, menulis buku literatur dari kedua instansi yang terkait.

Setelah pembacaan kesimpulan, adanya penyampaian saran dan penjelasan dari Sekretaris Departemen Sosiologi Universitas Brawijaya, tentang research dan penelitian. Hal ini di respon akan menjadi pembahasan lebih lanjut mengenai standar, teknis dan konsep.

Acara ditutup dengan penyampaian terima kasih dari kedua pihak dan doa. Setelah itu, para partisipan berbincang sekaligus foto bersama sebelum melaksanakan aktivitas masing-masing.

Department of Sociology Brawijaya University

Back To Top