
Pada kepuasan pelanggan dan umpan balik stakeholder Program Studi S3 Ilmu Sosiologi mengikuti survey kepuasan masyarakat tahun 2023 yang dilakukan oleh Gugusan Jaminan Mutu, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya. Pelayanan publik di FISIP UB dinilai berjalan dengan baik. Hal ini sesuai dengan hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilakukan oleh Universitas Brawijaya. Pada tahun 2023, pelaksanaan survei ini dengan penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form baik melalui media sosial (Facebook, Instagram, WhatsApp, Mailing list UB) maupun melalui pemberitahuan surat resmi dengan harapan lebih mudah dicapai oleh responden. Survei tersebut juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan data dukung Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT versi 3.0), sistem manajemen ISO 9001:2008, evaluasi perbaikan layanan UB, dan sekaligus merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di UB.
Berdasarkan hasil dari penyebaran kuesioner menujukkan bahwa IKM di tingkat Program Studi S3 Ilmu Sosiologi memiliki nilai IKM paling tinggi di Departemen Sosiologi dan Program Studi yang ada di FISIP sebesar 82,13
Gambar 3. Evaluasi Kepuasan Pelanggan
Program Studi S3 Ilmu Sosiologi, Departemen Sosiologi, FISIP, Universitas Brawijaya 16 Laporan Tinjauan Manajemen Program Studi S3 Ilmu Sosiologi Tahun 2024
Terdapat sembilan unsur layanan yang ditanyakan kepada responden diantaranya:
- Kesesuaian persyaratan pelayanan dengan jenis pelayanannya.
- Kemudahan prosedur layanan.
- Kecepatan waktu pelayanan.
- Kewajaran biaya/tarif dalam layanan. (jika ada biaya layanan)
- Kesesuaian produk layanan dengan hasil yang diberikan.
- Kompetensi atau kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan.
- Perilaku atau sikap petugas dalam pelayanan terkait keramahan.
- Kualitas sarana dan prasarana.
- Penanganan pengaduan, saran dan masukan.